Sukses


Pelatih Arema Setujui Aturan Pemain U-23 dengan Catatan

Bola.com, Malang - Rencananya PSSI mewajibkan setiap klub memiliki lima pemain U-23 dalam kompetisi kasta tertinggi musim 2017 memang bertujuan positif. Hal itu diakui pelatih Arema FC, Aji Santoso. Sebab, muaranya nanti Timnas U-23 dan senior punya banyak pilihan pemain berkualitas.

Namun, Aji yang juga mantan pelatih Timnas U-23, punya catatan sendiri terkait aturan tersebut. "Intinya saja setuju kalau setiap klub punya lima pemain U-23. Tapi, harus dirinci lagi poin-poinnya. Kan tidak mungkin ada tiga pemain U-23 harus main selama 90 menit. Kalau ada yang cedera saat kompetisi berjalan bagaimana," kata Aji.

Itu sebabnya dia berharap ada sedikit keleluasaan bagi klub untuk memainkan pemain muda. Jika tiga pemain U-23 harus sebagai starter, tidak masalah asalkan bisa diganti sesuai dengan permainan di lapangan.

"Misalkan, pemain U-23 tersebut dalam sebuah pertandingan sedang main jelek, tentu kami harus ganti dia. Tidak bisa dipaksakan. Tapi, kami akan berupaya untuk mencari pemain muda yang berkualitas," tutur pelatih 46 tahun itu.

Saat ini, Arema memiliki enam pemain yang usianya masih di bawah 23 tahun pada 2017. Yaitu Ahmad Nufiandani (21), Ryuji Utomo (21), Junda Irawan (20), Utam Rusdiana (21), dan Dio Permana (21).

Sedangkan lainnya ada dua pemain seleksi, Ardi Yuniar (eks Persela U-21) dan Bagas Adi Nugroho (eks timnas U-19). "Nanti akan segera kami putuskan siapa saja pemain yang U-23," ucap Aji.

Dari nama-nama pemain muda yang sudah ada, hanya Ahmad Nufiandani yang sempat bermain regular. Sedangkan Ryuji beberapa kali jadi pemain inti jika ada stopper yang cedera atau akumulasi kartu. Begitu juga dengan Junda dan Dedik.

Bila nantinya aturan tiga pemain U-23 harus masuk starting eleven, para pemain itu kemungkinan besar akan jadi pilihan. Tetapi, bisa juga Aji mencari pemain baru yang posisi dan kualitasnya lebih dibutuhkan seperti striker muda. Sebab, Arema masih minim striker saat ini.

 

Video Populer

Foto Populer