Sukses


Persija Tunggu Kepastian soal Aturan Batas Usia Pemain

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta memilih bersikap menunggu keputusan pasti terkait regulasi baru mengenai pembatasan usia pemain di Indonesia Super League 2017. Merasa bukan hanya Persija yang dirugikan dengan regulasi tersebut, manajemen tim berjulukan Macan Kemayoran itu menunggu pembahasan lebih lanjut dalam managers meeting yang rencananya digelar pada pekan ini.

Dalam Kongres Tahunan PSSI yang digelar di Hotel Aryaduta, Minggu (8/1/2017), PSSI mengungkapkan regulasi baru terkait pemain di kompetisi 2017. Untuk level ISL, regulasi baru adalah kuota pemain asing hanya dua pemain non-Asia plus satu pemain Asia. Selain itu batas usia pemain di ISL 2017 adalah 35 tahun dengan catatan setiap klub hanya boleh memiliki dua pemain yang berada di atas 35 tahun.

Tidak hanya di ISL, untuk level kompetisi Divisi Utama, regulasi pemain ini dirasa cukup memberatkan. Klub Divisi Utama tak boleh menggunakan pemain asing dan batas usia pemain yang berkompetisi di kasta kedua sepak bola Indonesia itu adalah 25 tahun, dengan catatan setiap klub boleh memiliki maksimal lima pemain dengan usia di atas 25 tahun.

Persija jadi salah satu klub di level ISL yang akan mengalami benturan jika regulasi baru tersebut benar-benar diterapkan di ISL 2017. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu memiliki empat pemain di atas usia 35 tahun, yaitu Bambang Pamungkas, Ismed Sofyan, Maman Abdurahman, dan pemain asing asal Korea Selatan, Hong Soon-hak.

Namun, Persija memilih bersikap menunggu kepastian keputusan tersebut. Mengaku bukan satu-satunya yang akan dirugikan dengan adanya regulasi tersebut, Persija menantikan managers meeting yang rencananya akan digelar pada pekan ini.

"Tidak hanya Persija yang dirugikan jika memang regulasi ini nantinya diterapkan, klub lain pun banyak yang punya banyak pemain senior di atas 35 tahun. Kami tidak dalam posisi mendukung atau pun menolak regulasi tersebut karena kami memiliki empat pemain di atas 35 tahun. Kami akan menunggu kepastian saja. Kabarnya pekan ini akan digelar Managers Meeting yang salah satunya akan membahas regulasi ini," ujar media officer Persija, Mozes Ruipassa, kepada Bola.com.

Sejumlah pemain Indonesia sudah mengungkapkan tanggapan terkait regulasi yang membatasi pemain berusia 35 tahun ke atas di level ISL. Hampir semua pemain yang sudah menyatakan pendapat, seperti Cristian Gonzales, I Made Wirawan, dan Tantan, menyuarakan keberatan terkait regulasi tersebut.

Sementara pemain Persija seperti Ismed Sofyan menyerahkan masalah ini kepada Asosiasi Pemain Profesional Indonesia untuk menjadi mediator.

 

Video Populer

Foto Populer