Sukses


Hal yang Membuat Esteban Vizcarra Tak Kunjung jadi WNI

Bola.com, Malang - 1,5 tahun sudah gelandang asal Argentina Esteban Vizcarra membela Arema FC . Namun, hingga kini dia tidak kunjung mendapatkan paspor Indonesia. Padahal, gelandang 30 tahun ini sudah mengajukan permohonan jadi WNI bertepatan saat gabung ke Arema pertengahan 2015.

Manajemen Singo Edan sebenarnya sangat berhasrat Vizcarra segera dinaturalisasi. Sebab, mereka bisa merekrut pemain asing lain jika mantan pemain Semen Padang itu sudah terhitung pemain lokal.

Namun setelah ditelusuri, ternyata ada satu faktor yang membuat Vizcarra harus menunggu lebih lama untuk jadi WNI. "Kabarnya karena dia sering pulang ke Argentina. Setiap tahun (libur kompetisi) dia pulang. Berbeda dengan Cristian Gonzales bisa lebih cepat dapat paspor Indonesia karena hampir delapan tahun waktu itu dia tidak pulang," kata General Manager Arema, Ruddy Widodo.

Sebenarnya, Vizcarra sudah memiliki istri wanita Indonesia. Harusnya setelah menetap lima tahun di Indonesia, dia bisa dapat paspor WNI. Kini, mantan pemain Pelita Jaya itu total sudah bermain di Indonesia selama delapan tahun.

Sekarang, Vizcarra juga belum kembali ke Indonesia karena sedang pulang kampung ke Argentina bersama anak dan istrinya. "Rencananya pertengahan atau akhir Januari dia kembali ke Malang. Semoga saja nanti bisa lebih lebih jadi WNI," harap Ruddy.

Di tim Arema sekarang ada dua pemain naturalisasi, yakni Cristian Gonzales dan Raphael Maitimo. Sejak 2013, Arema selalu menggunakan pemain naturalisasi. Greg Nwokolo dan Victor Igbonefo juga sempat bergabung pada tahun 2013.

Selain mengupayakan Vizcarra lebih cepat jadi WNI, Arema sempat tertarik mendaratkan striker Ajax Amsterdam Junior, Ezra Walian, yang kini juga sedang dalam proses naturalisasi.

"Tidak dimungkiri kalau kehadiran pemain naturalisasi bisa membuat tim lebih bagus dan memiliki daya tarik tersendiri. Kami akui Arema termasuk tim yang senang mengontrak pemain naturalisasi," jelas media officer Arema, Sudarmaji.

 

Video Populer

Foto Populer