Sukses


Mantan Bek Arema Kiko Insa Jadi Warga Negara Malaysia

Bola.com, Pahang - Kabar datang dari mantan pemain Arema dan Bali United, Kiko Insa. Pemain kelahiran Spanyol itu dikabarkan sudah jadi warga negara Malaysia dengan cara naturalisasi. Adalah klubnya saat ini, Pahang FA, yang mengajukan naturalisasi.

Hal itu berarti tidak butuh waktu lama buat Kiko Insa hingga ia resmi jadi warga negara Malaysia karena ia baru bergabung dengan klub peserta Malaysia Super League 2017 itu pada awal musim ini. 

Sejauh ini, Kiko Insa jadi satu-satunya pemain asing musim 2017 yang didaftarkan Pahang FA untuk jadi warga negara Malaysia. Pahang belum berminat mengajukan proses naturalisasi untuk dua pemain asing lain yang dimilikinya.

Kabar Kiko Insa jadi warga negara Malaysia sudah beredar sejak satu pekan terakhir, namun kepastian pemain 28 tahun jadi warga negara Malaysia dikabarkan akun resmi media sosial klub, seperti Twitter.

Kiko Insa juga membenarkan hal itu dalam wawancaranya dengan Stadium Astro, yang lantas diunggah dalam situs Negeri Jiran itu, Sabtu (21/1/2017). Ia mengaku gembira karena keinginannya jadi warga negara Malaysia bisa terwujud dan mengungkapkan harapannya bisa membela timnas Malaysia.

"Saya sangat gembira karena mendapat status naturalisasi jadi warga Malaysia. Saya sangat bersedia mengenakan jersey timnas (Malaysia) bila dibutuhkan," kata Kiko Insa di Stadium Astro.

Pemain yang sempat dielu-elukan Aremania itu juga senang bisa bergabung dengan Pahang FA. Klub pertamanya setelah ia didepak Bali United saat turnamen Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo berjalan tahun lalu. Kiko Insa diketahui sempat pulang ke Spanyol, hingga kabar ia bergabung dengan Pahang FA muncul.

Sebelumnya, ia sempat dikabarkan hendak bergabung dengan kontestan Malaysia Super League lainnya, Sarawak FA, namun di saat-saat akhir Kiko Insa memutuskan gabung dengan Pahang FA.

"Ini merupakan tahun yang penting buat Pahang dalam persaingan di Liga Super Malaysia. Mereka telah merombak tim untuk mendapatkan pemain-pemain berkualitas," ujarnya.

Kiko Insa jadi satu dari setidaknya 14 pemain baru yang direkrut klub berjulukan Tok Gajah itu untuk menjalani kompetisi musim 2017 dengan target finis di tiga besar. Meski begitu, laga perdana di Liga Super Malaysia 2017, Sabtu (21/1/2017), gagal dilewati dengan kemenangan setelah hanya bermain 1-1 kontra Perak FA di Stadion Perak, Ipoh.

Di Pahang, Kiko Insa dimainkan pelatih Dollah Salleh sebagai gelandang, bukan bek seperti kala bermain untuk Arema dan Bali United. Di sisi lain, nama Kiko Insa di sepak bola Indonesia lekat dengan kontroversi, yang diperolehnya semasa memperkuat tim Singo Edan.

 

Video Populer

Foto Populer