Sukses


Kabar Pergantian Pelatih Timnas Malaysia Memanas Lagi

Bola.com, Kuala Lumpur - Posisi Ong Kim Swee sebagai pelatih timnas Malaysia kembali goyang. Hal itu menyusul pernyataan pemilik klub elite Malaysia Johor Darul Ta'zim (JDT), Tunku Ismail Sultan Ibrahim.

Dalam pernyataan yang termuat dalam berbagai platform media sosial JDT, Selasa (7/2/2017), Tunku Ismail Sultan Ibrahim menyebut Mario Gomez sebagai calon pelatih timnas Malaysia.

Dalam pernyataannya, ia bersama Mario Gomez, yang disebutnya sebagai kandidat pelatih timnas, mengucapkan selamat berjuang kepada JDT yang akan menjalani play-off Liga Champions Asia melawan klub J-League, Gamba Osaka.

Mario Gomez adalah mantan pelatih JDT asal Argentina. Ia menukangi JDT sejak April 2015 hingga akhir musim 2016. Pada awal musim 2017, tempatnya di kursi pelatih kepala JDT digantikan Benjamin Mora. Selama membesut JDT, Mario Gomez memberikan lima trofi termasuk dua gelar Malaysia Super League dan juara Piala AFC 2015 pada klub berjulukan Harimau Selatan itu.

Padahal, hingga saat ini kursi pelatih timnas Malaysia masih diduduki Ong Kim Swee, yang secara resmi dikontrak mulai Januari 2016 untuk durasi tiga tahun. Namun, Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) memiliki opsi memberhentikan pelatih asal Melaka itu apabila Kim Swee dianggap gagal mencapai target yang dibebankan FAM. Satu target yang sudah gagal dieksekusi Ong Kim Swee adalah merebut gelar juara Piala AFF 2016.

Meski begitu, hingga saat ini posisi Kim Swee masih aman. Bahkan ia dan sang asisten pelatih, Brad Maloney, baru saja dikirim untuk menimba ilmu kepelatihan di London bersama Queens Park Rangers selama sebulan hingga awal Maret 2017.

Hanya, kabar Ong Kim Swee digoyang dari jabatannya bukan kali ini saja terdengar. Pelatih 46 tahun itu tampaknya bukan sosok ideal buat Tunku Ismail Sultan Ibrahim.

Pasalnya, bos JDT yang juga Putra Mahkota Kesultanan Johor itu selama ini kerap mengkritisi dengan pedas gaya kepelatihan Ong Kim Swee di timnas Malaysia, seperti yang dilakukannya kala Ong Kim Swee menggelar pemusatan latihan jelang Piala AFF 2016.

Di sisi lain, Tunku Ismail Sultan Ibrahim masuk kandidat Presiden FAM. Seperti diketahui, FAM akan menggelar pemilihan presiden baru pada Maret 2017 untuk mendapatkan pengganti Tengku Abdullah yang menyatakan mundur pada 2016.

Bila mendapatkan suara terbanyak dan secara sah jadi Presiden FAM baru, bisa jadi hal pertama yang dilakukan Tunku Ismail Sultan Ibrahim adalah mendepak Ong Kim Swee dari kursi pelatih timnas Malaysia dan mengganti pelatih yang memberikan medali emas SEA Games 2011 itu dengan pelatih pilihannya, Mario Gomez.

 

Video Populer

Foto Populer