Sukses

Pelatih Muda Asal Indonesia Direkrut Klub China

Bola.com, Jakarta - Pelatih muda asal Indonesia, Muhammad Yusuf Prasetyo, menerima tawaran bergabung klub China, Lijiang FC. Asisten Rudy Eka Priyambada di Celebest FC ini menjadi pelatih kepala Lijiang FC U-15. 

Mantan pelatih SSB Indonesia All Stars Pamulang itu dikontrak dua tahun, dari 1 Maret 2017 hingga 21 Desember 2019. Kepada Bola.com, pelatih yang akrab disapa Yoyo ini mengaku mendapatkan link dengan klub China saat mengikuti kursus lisensi C dan B AFC.

"Saya mendapatkan lisensi B di Brunei Darussalam dan yang terbaru B AFC di Malaysia. Saat di Malaysia, instruktur saya berasal dari China dan dia menawarkan gabung tim China," kata pelatih berusia 26 tahun asal Tangerang itu.

Yoyo menambahkan ia mendapatkan nilai terbaik nomor dua dalam kursus B AFC tersebut dan merupakan peserta paling muda di kursus itu. "Setelah itu, instruktur saya mengontak saat saya sudah bergabung di Celebest. Kemudian saya bicara dengan coach Rudy Eka dan dia sangat mendukung," katanya.

Saat ini Yoyo sedang mempersiapkan keberangkatan ke China dengan mengurus visa dan izin kerja. Ia menegaskan pengalaman di China akan menjadi modal untuk melangkah ke level pelatih tim profesional.

Yoyo menjadi pelatih asal Indonesia pertama yang menangani klub China. "Meskipun levelnya junior, saya cukup bangga karena kerja keras selama ini membuahkan hasil. Ini tahapan baru bagi karier saya," katanya. 

Yoyo yang pernah menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-21 seangkatan dengan Ramdani Lestaluhu, akan berangkat China pada 28 Februari 2017. "Sekarang sedang mengurus visa. Mohon doanya," ucap Yoyo.

Lijiang FC merupakan klub yang berdiri pada 2012. Untuk tim senior bermain di Divisi 2 Liga China dan tim U-15 yang akan ditangani Yoyo bertarung di Liga China U-15.

 

8 Komentar

Video Populer

Foto Populer