Sukses


Pelatih Persija Beri Sinyal Ryuji Utomo Debut di Piala Presiden

Bola.com, Malang - Sejak bergabung dengan Persija Jakarta di awal Piala Presiden 2017, bek muda Ryuji Utomo belum pernah turun dalam dua pertandingan yang sudah dijalani tim Macan Kemayoran. Namun, peluang Ryuji untuk debut muncul di laga terakhir dalam penyisihan Grup 2 melawan Bhayangkara FC, Kamis (16/2/2017).

Dalam sesi konferensi pers sebelum pertandingan, pelatih Persija, Stefano Cugurra, membawa Ryuji sebagai perwakilan pemain. "Kami akan berikan kesempatan Ryuji untuk debut kalau dia sudah siap. Tanyakan langsung kepada dia, sudah siap atau belum," kata pelatih yang akrab disapa Teco itu sambil bercanda.

Ryuji serasa sudah tahu kalau dia akan dapat kesempatan main. Sebab, dalam sesi latihan dia merasa sudah bisa melakukan adaptasi dengan pemain senior.

"Dua pertandingan kemarin wajar kalau saya harus melewatkannya karena baru datang dan masih adaptasi dengan Persija. Sekarang sudah siap. Semoga bisa tampil bagus," kata pemain yang sempat bermain di kasta kedua liga Bahrain itu.

Persaingan menembus skuat utama di lini belakang Persija memang sangat ketat. Satu stoper sudah jadi milik pemain asing asal Brasil, William Pacheco. Sedangkan satu tempat lagi diperebutkan oleh Ryuji dengan Maman Abdulrahman dan Gunawan Dwi Cahyo.

Dua nama terakhir merupakan bek dengan jam terbang tinggi dan lebih matang. Namun, Ryuji punya nilai plus. Usianya masih 21 tahun membuat dia masuk kategori pemain U-23 yang diwajibkan tampil selama 45 menit.

"Aturan itu memang membantu. Tapi, saya tidak lantas santai-santai saja karena saya tidak ingin melewatkan kesempatan itu. Harus menunjukkan performa yang bagus," imbuhnya.

Bersama Persija, selain target jadi starter, Ryuji juga punya misi lain yaitu menembus timnas U-22 maupun senior. Itu sebabnya dia mengejar kesempatan bermain yang lebih banyak di musim ini.

"Timnas impian semua pemain pastinya. Akan membanggakan jika bisa membawa nama negara. Tapi itu nanti, sekarang berjuang dulu di klub bersama Persija," tegasnya.

 

Video Populer

Foto Populer