Sukses


FIFA Kucurkan Dana Rp 16,6 Miliar per Tahun untuk PSSI

Bola.com, Jakarta - PSSI mendapatkan USD 1,25 juta, atau sekitar Rp 16,6 miliar, per tahun yang akan diberikan FIFA dalam program FIFA Forward selama empat tahun ke depan untuk mendukung pembangunan sepak bola Indonesia.

Dua delegasi FIFA datang ke Indonesia dan melakukan pertemuan dengan PSSI mengenai bantuan dana dalam program FIFA Forward. Delegasi FIFA diwakili oleh FIFA Senior Strategic Development Manager, Tom Gorissen, dan FIFA Director Member Associations Asia-Oceania, Sanjeevan Balasingam.

"Kami ingin mendukung PSSI. Kami ingin membantu dengan memberikan program utama kami yaitu FIFA Forward. Indonesia penting bagi sepak bola Asia dan kami tahu sepak bola di negara ini adalah yang nomor satu," ujar Sanjeevan Balasingam dalam konferensi pers di Kantor PSSI, Minggu (19/2/2017).

Sanjeevan kemudian juga memaparkan mengenai dana yang diberikan kepada PSSI. Ia mengungkapkan, akan ada USD 1.25 juta, atau sekitar Rp 16,6 miliar. Pembagian dana tersebut dibagi dalam dua kategori, yaitu USD 500 ribu atau Rp 6,6 miliar untuk anggaran operasional federasi dan USD 750 ribu atau Rp 10 miliar untuk proyek spesifik federasi.

Untuk dana operasional federasi senilai USD 500 ribu, akan dikucurkan dua kali dalam setahun, yaitu USD 250 ribu pertama pada Januari dan yang kedua pada Juli. Sementara untuk dana USD 750 ribu akan diberikan setelah PSSI mengajukan proposal terkait program strategis mereka untuk pengembangan sepak bola Indonesia.

Dana tersebut akan diberikan untuk selama empat tahun. Artinya PSSI akan menerima total bantuan dari program FIFA Forward sebesar USD 5 juta atau sekitar Rp 66,7 miliar.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, menyambut baik bantuan dari FIFA dan berjanji akan memaksimalkan semua dukungan yang datang untuk PSSI demi perkembangan sepak bola Indonesia.

"Intinya PSSI akan berusaha untuk memaksimalkan semua dukungan dari semua stakeholder, termasuk dukungan dari FIFA dan AFC yang ingin membantu semua rencana strategis PSSI demi mengejar ketertinggalan dari negara lain," ujar Joko Driyono.

PSSI bukan satu-satunya yang mendapatkan dukungan dari FIFA melalui program FIFA Forward ini. Sejak Kongres FIFA di Meksiko pada Mei 2016, FIFA memutuskan untuk memberikan bantuan dana melalui program tersebut kepada 211 angggotanya dengan total anggaran mencapai USD 1,4 miliar, atau Rp 18,6 triliun.

Video Populer

Foto Populer