Sukses


10 Catatan dari Proses Seleksi Timnas Indonesia U-22 Gelombang II

Bola.com, Karawaci - Seleksi Timnas Indonesia U-22 tahap kedua dimulai di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Selasa (28/2/2017) pagi. Umpan pendek dan umpan silang menjadi menu latihan pada seleksi hari pertama yang diberikan Luis Milla dkk.

26 pemain mengikuti seleksi tahap kedua seleksi Timnas Indonesia U-22. Luis Milla dan tim pelatih memberikan menu kombinasi umpan pendek sebagai pembuka latihan. Berikut Bola.com merangkum 10 poin dari sesi latihan pertama seleksi Timnas Indonesia U-22:

1. Luis Milla membagi pemain dalam dua kelompok, di mana setiap kelompok terdiri dari 12 pemain. Satu kelompok bermain dalam sebuah area kotak kecil yang dibagi dua bagian. Enam pemain berada di dalam kotak dengan tiga pemain di setiap bagian. Sementara enam pemain lain berada di luar kotak.

2. Para pemain pun mulai memainkan umpan pendek di area kotak kecil tersebut. Ke-12 pemain dibagi menjadi dua kelompok yang tiap kelompok terdiri dari tiga pemain di dalam kotak dan tiga pemain di luar kotak.

3. Luis Milla dkk. pun mengamati benar bagaimana para pemain melakukan umpan pendek dan berusaha keluar dari tekanan lawan di area sempit. Seringkali terlihat Luis Milla menggelengkan kepala saat pemain salah menerapkan umpan pendek.

4. Setelah itu kombinasi serangan dari sisi sayap yang dilanjutkan dengan eksekusi umpan silang menjadi menu latihan kedua dalam hari perdana seleksi tahap kedua ini.

5. Para pemain dilihat bagaimana melakukan umpan pendek dari tengah lapangan yang diarahkan ke sisi sayap untuk melakukan umpan silang dan penyelesaian akhir.

6. Pemain Persela Lamongan, Saddil Ramdani, berkesempatan untuk memperlihatkan kecepatan tinggi yang dimilikinya di sisi sayap lapangan. Para pemain sayap pun memperlihatkan bagaimana cara mereka melepaskan umpan silang yang matang ke depan gawang.

2 dari 2 halaman

Berikutnya

7. Namun, banyak pemain memilih untuk memberikan umpan silang mendatar. Sangat sedikit pemain yang mencoba untuk memberikan umpan silang dengan bola melambung ke depan gawang.

8. Setelah menu latihan umpan pendek dan silang, para pemain diberikan kesempatan untuk memperlihatkan kombinasi umpan pendek dan panjang dalam dua mini game.

9. Pertama, mini game dilakukan tanpa melibatkan penjaga gawang dan para pemain harus terus mengalirkan bola dengan tiga umpan pendek dan dilanjutkan dengan satu panjang.

10. Kemudian seleksi dilanjutkan dengan mini game yang melibatkan penjaga gawang. Dalam mini game tersebut, Luis Milla beberapa kali melakukan interupsi untuk memberikan arahan secara langsung kepada para pemain untuk bermain sesuai dengan keinginan sang pelatih.

Dalam hari pertama seleksi tahap kedua Timnas Indonesia U-22 ini, Evan Dimas Darmono dan Putu Gede Juni Antara tampak hanya mengikuti latihan awal dan beristirahat saat mini game. Kedua pemain juga sempat terlihat berlatih terpisah saat rekan-rekannya melakukan mini game.

Seleksi tahap kedua Timnas Indonesia U-22 diikuti oleh 26 pemain. 15 pemain merupakan pemain yang sudah ikut dalam seleksi tahap pertama. Sementara 11 pemain sisa merupakan pemain yang baru dipanggil oleh Luis Milla.

Video Populer

Foto Populer