Sukses


Gabung Persib, Essien Pemain Termahal di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Status pemain termahal di Indonesia kini disandang, Michael Essien. Gelandang asal Ghana berada di posisi puncak setelah resmi dikontrak Persib Bandung selama satu musim.

Menurut informasi dari manajemen Persib, nilai kontrak Essien selama satu musim berada di kisaran Rp 8,5 miliar-Rp 10 miliar. Gaji yang ia dapat lebih rendah jika dibandingkan saat masih memperkuat klub Yunani, Panathinaikos.

Kabarnya, Essien mendapatkan gaji Rp 11,5 miliar selama satu musim saat masih berada di klub papan atas Yunani tersebut. Artinya, ada penurunan nilai kontrak yang didapat Essien bersama Tim Maung Bandung.

Kendati demikian, nilai kontrak Essien yang berada di kisaran Rp 8,5 miliar-Rp 10 miliar, merupakan yang tertinggi bagi para pesepak bola yang meramaikan kompetisi di Tanah Air. Legenda hidup Chelsea itu menggeser Sergio van Dijk dan mantan striker Persib, Juan Belencoso.

Pada 2013, Van Dijk dilepas klub A-League, Adelaide United pada Januari. Pemain naturalisasi berdarah Belanda itu kemudian bergabung dengan Persib dan dikabarkan mendapatkan kontrak Rp 4 miliar selama satu musim.

Kontrak besar itu dibayar Van Dijk dengan penampilan gemilang pada musim pertamanya bersama tim asal Bandung. Ia mencetak 21 gol dan membawa Persib finis di zona empat besar Indonesia Super League musim 2013.

Pemain Termahal di Indonesia (Bola.com/GRAFIS: Adreanus Titus/ FOTO: Nicklas Hanoatubun)

Setelah Van Dijk, nama Belencoso berada di urutan berikutnya. Striker jangkung asal Spanyol dikabarkan menerima kontrak mencapai Rp 3 miliar dalam semusim.

Namun, nilai kontrak itu tidak sebanding dengan performa Belencoso di lapangan. Ia hanya mencetak satu gol di Indonesia Soccer Championship hingga akhirnya didepak Tim Maung Bandung.

Sebelumnya, status pemain termahal ditempati pemain naturalisasi berdarah Nigeria, Greg Nwokolo. Pemain yang memulai karier di Indonesia bersama Persijatim Solo FC (sekarang Sriwijaya FC) itu mendapatkan kontrak besar saat memperkuat Persebaya ISL tahun 2014.

Kala itu, striker yang kini sudah berusia 31 tahun mendapatkan kontrak lebih dari Rp 2 miliar untuk satu musim. Sementara itu, di posisi berikutnya ada mantan rekan setim Greg di Persebaya ISL, Emmanuel "Pacho" Kenmogne, dan beberapa pemain di antaranya Alberto Goncalves (saat masih di Arema), dan mantan pemain Tim Singo Edan, Gustavo Lopez.

Para pemain tersebut dikabarkan mendapatkan kontrak mencapai Rp 1,5 miliar semusim. Ketiganya menerima kontrak di atas Rp 1 miliar itu saat kompetisi di Tanah Air masih bertajuk ISL.

 

Video Populer

Foto Populer