Sukses


Harapan Bima Sakti kepada Klub Liga 1 soal Pemain Asing

Bola.com, Karawaci - Asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Bima Sakti, memiliki harapan terhadap klub-klub Liga 1 2017 terkait penggunaan pemain asing di kompetisi resmi sepak bola Indonesia.

Sesuai regulasi pemain asing di Liga 1 2017, setiap klub boleh merekrut dua pemain asing non-Asia plus satu pemain asing asal Asia. PSSI juga mengizinkan klub menambah satu pemain asing, tapi dengan catatan harus berstatus marquee player, seperti yang dilakukan Persib Bandung dengan mendatangkan Michael Essien.

Selain itu, ada aturan kepemilikan lima pemain muda di bawah usia 23 tahun, di mana setiap klub harus memainkan tiga pemain selama minimal 45 menit dalam sebuah pertandingan. Bima Sakti berharap banyak kepada klub-klub Liga 1 terkait dua regulasi mengenai pemain tersebut.

Bima berharap klub peserta Liga 1 2017 mau mencari tiga atau empat pemain asing dengan posisi yang berbeda. Harapan mantan pemain Timnas Indonesia itu adalah para pemain muda Indonesia bisa belajar banyak dengan bermain di posisi yang sama dengan pemain asing tersebut.

"Dengan regulasi 2+1 artinya ada tiga pemain asing dalam satu klub, saya berharap klub mau mengambil satu striker asing, satu gelandang asing, dan satu pemain bertahan asing," ujar Bima Sakti.

"Dengan kebijakan seperti itu, akan menguntungkan pemain-pemain kita. Pemain muda Indonesia akan bisa merasakan bagaimana rasanya berpartner dengan pemain asing di lapangan sehingga mendapat ilmu secara langsung dalam pertandingan," lanjut Bima.

PSSI menerapkan regulasi di Liga 1 2017 dengan memaksimalkan penggunaan pemain muda U-23 dan pembatasan pemain asing serta pemain dengan usia di atas 35 tahun untuk membentuk Timnas Indonesia yang kuat.

Demi tujuan tersebut, Bima Sakti berharap pengalaman pemain asing bisa langsung menular kepada pemain muda sejak di level klub. "Semoga nanti semua bisa berjalan seperti itu," ujar Bima.

 

Video Populer

Foto Populer