Sukses


Kurniawan Dukung Kedatangan Pemain Kelas Dunia ke Indonesia

Bola.com, Bandung - Regulasi marquee player bagi setiap klub yang bertarung di Liga 1 Indonesia 2017 menuai pro dan kontra bagi 18 klub peserta Liga 1. Namun, eks pemain timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto memandang langkah PSSI dengan mengeluarkan regulasi marquee player sangat bagus untuk perkembangan sepak bola Indonesia.

Hanya saja perekrutan marquee player kata dia jangan asal-asalan, tetapi harus pemain dunia yang track recordnya bagus. "Saya pikir adanya aturan marquee player harus didukung karena mereka (pemain marquee player) pasti akan banyak mengajarkan kepada pemain kita juga," ujar Kurniawan disela-sela acara Milo Football Championship Bandung, di Stadion Siliwangi, Bandung, Sabtu (25/3/2017).

Menurutnya, adanya pemain bintang dunia di kompetisi Indonesia bukan yang pertama. Pada era Galatama, pemain seperti Roger Milla hingga Mario Kempes, pernah meramaikan sepak bola di Tanah Air. "Cuma saya berharap perekrutan marquee player ini jangan asal melihat nama besar saja, tetapi harus dilihat juga sikapnya supaya benar-benar membawa dampak positif ke sepak bola Indonesia," ucap Kurniawan.

Pasalnya, lanjut Kurniawan, saat ini di Indonesia banyak pemain profesional yang belum tahu perilaku layaknya pemain profesional. "Kalau saya lihat di sini masih ada pemain profesional tetapi perilakunya belum profesional, seperti bolos latihan dan lain sebagainya. Jadi mudah-mudahan datangnya marquee player bisa berdampak positif dan merubah pola pikir para pemain tersebut," ia menuturkan.

Ia pun berharap kehadiran marquee player ke klub-klub Indonesia bisa mengubah sikap para pemain Indonesia di luar lapangan. "Saya pribadi berharap banyak mantan pemain Manchester United yang datang ke Indonesia," seloroh Kurniawan sambil tertawa.

Tak hanya itu, dampak datangnya marquee player ke Indonesia akan sangat berpengaruh terhadap sponsorship karena persepakbolaan Indonesia kini sudah mengarah ke industri. "Di India saja sudah begitu, apalagi Cina," ujarnya mengakhiri.

 

Video Populer

Foto Populer