Sukses


Nur Alim Dukung PSSI soal Regulasi Pemain Muda

Bola.com, Bandung - Mantan bek Timnas Indonesia dan Persija Jakarta, Nur Alim, menyambut positif regulasi kepemilikan dan penggunaan pemain muda oleh setiap klub yang akan berkompetisi pada 2017. Nur Alim berpendapat upaya ini memiliki tujuan baik untuk kepentingan Timnas Indonesia.

PSSI menetapkan setiap klub yang akan bermain di Liga 1 2017 untuk memiliki lima pemain dengan usia di bawah 23 tahun dan memainkan sebagai starter, tiga pemain minimal selama 45 menit dalam setiap pertandingan. Regulasi tersebut sempat menuai pro dan kontra.

Tidak sedikit klub yang mengaku terbebani dengan regulasi tersebut. Walau semua klub kini memiliki pemain muda dalam skuatnya, regulasi memainkan tiga pemain selama 45 menit tetap dirasa memberatkan.

Nur Alim, yang sempat menjadi pelatih Persipasi Bekasi dan Tim Suratin Bekasi, mengaku mendukung upaya PSSI untuk memaksimalkan pemain muda dalam kompetisi utama sepak bola Indonesia. Nur Alim melihat adanya kesamaan pandangan dengan PSSI dalam memaksimalkan pemain muda.

"Kalau buat saya, regulasi tersebut jelas positif. Selama ini klub fokus dengan pemain di atas 25 tahun yang memang dalam usia keemasan sebagai pemain sepak bola. Regulasi ini tentu sangat membantu perkembangan pemain muda," ujar Nur Alim kepada Bola.com.

"Dengan regulasi ini, diharapkan nanti muncul lebih banyak pemain muda yang bertalenta tinggi. Justru itu positif, bukan? Pemain-pemain muda itu punya waktu yang panjang untuk membela Timnas Indonesia sehingga timnas kita bisa terbentuk dengan kuat dan bisa diandalkan," lanjutnya.

Keseriusan PSSI membentuk Timnas Indonesia yang muda dan segar tidak hanya terlihat dari regulasi pemain muda yang ditetapkan dalam kompetisi. Pembentukan Timnas Indonesia pasca Piala AFF 2016 dilakukan mulai dengan Timnas Indonesia U-22 yang diproyeksi menjadi Timnas U-23 dan kemudian menjadi senior dalam tiga hingga empat tahun ke depan.

 

Video Populer

Foto Populer