Sukses


5 Cara Kerja Luis Milla yang Menginspirasi Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, mengaku mendapatkan banyak inspirasi dari pelatihan Luis Milla untuk Timnas Indonesia U-22. Mantan pelatih Timnas Indonesia Primavera itu pun mengungkapkan lima poin inspirasi yang didapatkannya dari pelatih asal Spanyol itu.

Danurwindo hadir dalam Diskusi Bincang Taktik dengan tajuk Pelajaran Penting Filosofi Sepak Bola Luis Milla yang digelar Bola.com bersama Kickoff! Indonesia, Rabu (29/3/2017).

Dalam kesempatan tersebut Direktur Teknik Timnas Indonesia itu mengaku dalam sesi latihan Timnas Indonesia yang disaksikannya selama hampir dua bulan, banyak pelajaran yang bisa didapatkannya dari pelatih asal Spanyol tersebut.

Pelatih berusia 65 tahun itu merasakan benar bagaimana Luis Milla membawa DNA La Masia ke dalam latihan Timnas Indonesia U-22. Menurutnya, Luis Milla benar-benar mengajarkan sikap rendah hati tapi tetap dengan disiplin yang tinggi kepada para pemain yang ditanganinya.

Poin kedua yang dilihatnya adalah bagaimana persiapan latihan dilakukannya dengan organisasi yang rapi. Danurwindo menyebutnya sebagai Top Training Organization.

"Milla selalu memberikan arahan mengenai sesi latihan yang akan dijalani oleh para pemain sebelum berangkat menuju lapangan latihan," ujarnya.

Sementara untuk poin ketiga dan keempat yang diungkapkan oleh Danurwindo adalah soal sesi latihan yang utuh, dilakukan hanya satu kali sehari dengan durasi yang tidak terlalu lama tapi benar-benar jelas arahnya. Poin tersebut disebutnya sebagai Holistic Training Method dan Top Training Intensity.

Untuk poin terakhir, Danurwindo mengungkapkan inspirasi yang disebutnya sebagai Blackbox Thinking. Poin tersebut merupakan bagaimana cara Luis Milla mendokumentasikan setiap sesi latihan dengan baik dan menjadikannya sebagai bahan evaluasi di dalam tim kepelatihannya.

"Jadi di setiap sesi latihan ada kamera aksi. Itu selalu digunakan untuk mendokumentasikan sesi latihan para pemain. Setelah itu rekamannya digunakan untuk bahan evaluasi yang dibahas oleh tim kepelatihan," ujar Danurwindo.

Mengenai kekalahan yang dialami Timnas Indonesia U-22 saat menghadapi Myanmar di pertandingan uji coba perdana yang dijalani Luis Milla, Danurwindo juga mengingatkan bagaimana untuk mengejar prestasi akan memerlukan proses panjang. Pelatih yang memiliki pengalaman di Italia itu mengingatkan bahwa bangsa Indonesia mengharapkan Luis Milla sukses karena keberhasilannya adalah keberhasilan sepak bola Indonesia.



Video Populer

Foto Populer