Sukses


Penjelasan Persebaya soal Batalnya Uji Coba Kontra Madura United

Bola.com, Surabaya - Belum lama ini Madura United mengabarkan soal penyebab batalnya laga uji coba antara tim berjulukan Laskar Sape Kerrab itu melawan Persebaya Surabaya yang semula dijadwalkan Selasa (11/4/2017) di Stadion Gelora Bangkalan, Madura.

Ada beberapa alasan yang dikemukakan pihak Madura United terkait batalnya uji coba tersebut. Selain ada kendala teknis sebagaimana diutarakan di akun instagram resmi mereka, Madura United juga ingin berkonsentrasi untuk persiapan Liga 1.

Namun, alasan itu berbeda dengan yang dikemukakan salah satu pengurus Madura United yang minta identitasnya disimpan. Menurut sumber itu, pembatalan ini dilakukan kubu Persebaya menyusul permintaan mereka memboyong striker Madura United, Rishadi Fauzi, ke persebaya tidak diluluskan oleh MU.

"Penyebabnya, salah satu petinggi Persebaya meminta ke kami agar melepas Rishadi sebagai kompensasi. Kalau tidak dipenuhi, pertandingan batal," kata sumber Bola.com tersebut.

Menanggapi kabar tersebut, Direktur Tim Persebaya, Candra Wahyudi, menyatakan dirinya tidak pernah membatalkan pertandingan uji coba itu. "Dari awal sampai mereka bilang ke media hari, tidak ada kesepakatan di antara kami untuk melakukan uji coba. Kalau kami tidak pernah melakukan kesepakatan, apa itu namanya batal?" tutur Candra sembari tersenyum.

Candra mengakui ada ajakan dari pengurus Madura United untuk menggelar uji coba di Bangkalan. Saat itu, Candra belum memberikan jawaban pasti kepada pihak Madura United. Namun, menurutnya pihak Madura United yang sudah mengumbar kabar akan ada uji coba dengan Persebaya.

Sementara, ia tidak pernah menyebutkan terkait rencana uji coba tersebut. Satu-satunya pernyataan, dilontarkan pelatih Persebaya, Iwan Setiawan, beberapa waktu lalu. Iwan juga membenarkan ada kesepakatan antara Persebaya mengenai Rishadi yang akan dilepas Madura United.

"Yang bilang siapa? Apakah kami pernah koar-koar soal uji coba ini. Dari awal yang mengabarkan soal uji coba tersebut itu pihak Madura United. Kok sekarang dibalik, kami yang membatalkan uji coba. Padahal, saya tidak pernah bilang sepakat," kata Candra.

Lantas, terkait pembatalan laga uji coba ini mengakibatkan kekecewaan dari Bonek Mania maupun suporter Madura United, Candra tidak mau dipersalahkan. Lantaran pihak Persebaya tidak pernah memberikan keterangan kepada media bila mereka membatalkan uji coba ini karena ia beranggapan, tidak ada yang perlu dibatalkan karena sejak awal tidak kesepakatan Persebaya bersedia beruji coba.

Disinggung soal permintaan Persebaya mendapatkan Rishadi, Candra tidak menyebutkan secara jelas apakah memang benar alasan itu yang menjadi penyebab gagalnya ajakan Madura United. Ia hanya membenarkan jika di tengah-tengah pembicaraan rencana uji coba ini,

Persebaya sempat mengajukan dua item yang bisa menjadi penyebab kesepakatan beruji coba. Dengan value Persebaya yang tinggi, Persebaya menganggap sah-sah saja jika meminta kompensasi. Sudah bukan rahasia lagi bila tim berjulukan Green Force itu memiliki basis masa yang besar. Hal itu bisa memberikan keuntungan berlimpah bagi tuan rumah.

Menurut Candra, Persebaya juga tidak memaksa pihak manajemen melepas sang pemain. Ia merasa tidak ada yang salah dari keputusan Persebaya yang akhirnya menolak ajakan Madura United. "Mereka berhak mengajak kami dan kami punya hak menolak. Sama-sama tidak ada unsur paksaan. Lantas di mana letak kesalahannya," papar Candra.

 

Video Populer

Foto Populer