Sukses


Misi Hampir Mustahil Persiba Balikpapan di Serui

Bola.com, Malang - Persiba Balikpapan menjadi tim pertama yang menjalani laga tandang terberat ke markas Perseru Serui (25/4/2017). Sebab, butuh waktu paling panjang untuk menempuh perjalanan ke sana.

Dari pengalaman di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo, rata-rata tim melakoni perjalanan hampir 20 jam untuk tiba di Serui. Namun, hal itu dirasa tidak jadi penghalang bagi Persiba Balikpapan untuk merealisasikan target mencuri poin.

Pelatih Persiba Balikpapan, Timo Scheunemann membawa 20 pemain yang punya kondisi paling fit untuk berangkat lebih awal. Rombongan sudah bergeser ke Serui sejak H-3 atau Sabtu (22/4/2017).

"Kami tahu perjalanan ke sana (Serui) melelahkan. Jadi kami siasati berangkat lebih awal agar dapat waktu recovery setelah perjalanan itu," kata Timo.

Sebenarnya Perseru dinilai bukan tim dengan materi pemain mentereng. Tetapi, jika bermain di kandang sendiri, mereka jarang kehilangan poin. Terbukti saat TSC 2016.

Tim berjulukan Cenderawasih Jingga itu imbang lima kali di Stadion Marora. Selebihnya berhasil dimenangi. Tim sekelas Arema, Persipura hingga Persib Bandung dibuat malu di Serui.

Bisa dibilang Persiba bak sedang menjalankan mission imposible. Meski berbekal kekakahan di laga perdana 0-2 dari Persija Jakarta, Timo berusaha meyakinkan jika masih ada peluang mencuri poin di serui.

Apalagi pengurus Persiba sudah memberikan peringatan bakal melakukan evaluasi lebih awal jika dalam tiga pertandingan pertama Liga 1, Persiba gagal memetik poin.

"Pekerjaan rumah kami memunculkan hasil latihan dalam pertandingan dan harus menghilangkan ketegangan pemain di lapangan," jelas Timo.

Dalam perjalanan menuju Serui dari Malang, manajemen Persiba mencoba membuat pemain tidak terlalu capek. Setelah tiba di Biak, mereka tidak menggunakan kapal cepat untuk menyeberang ke Serui melainkan dengan pesawat.

"Sekarang ada pesawat yang kapasitas penumpangnya lebih besar. Seperti dari Jayapura ke Wamena. Kalau dulu kan masih pesawat yang kecil," kata manajer tim Persiba, Bambang Suhendro.

Praktis perjalanan akan terpotong sekitar tiga jam jika melanjutkan perjalanan dengan jalur udara menuju Serui sehingga pemain Persiba Balikpapan bisa menggunakan waktu untuk istirahat ketika tiba di Kepulauan Yapen, Serui.

 

Video Populer

Foto Populer