Sukses


Prediksi Sriwijaya FC Vs Barito Putera: Bentrok Mantan Kolega

Bola.com, Palembang - Pasukan Sriwijaya FC bertekad mempertahankan raihan tren positif saat menjamu Barito Putera, Sabtu (13/5/2017) di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang. Poin penuh diincar Laskar Wong Kito guna menaikkan posisi di klasemen sementara kompetisi Liga 1 2017.

Pertemuan ini juga akan menjadi reuni kedua pelatih yakni Oswaldo Lessa di Sriwijaya FC dan Jacksen F. Tiago yang kini menjadi arsitek Barito Putera. Keduanya pernah jadi kolega bekerja bersama membesut Persipura Jayapura beberapa musim lalu.

Namun, Jacksen menegaskan bahwa dirinya tidak terlalu memikirkan mengenai kedekatan tersebut. Ia mengaku fokus memperbaiki kekurangan di dalam timnya.

“Setiap hari saya terus belajar. Lessa juga sudah tahu kebiasaan saya karena dulu pernah bersama-sama, tapi saya pikir sudah banyak terjadi perubahan. Dan saya merasa lebih berkembang saat sudah keluar dari Persipura,” ungkap nakhoda yang mempersembahkan tiga gelar juara buat Persipura pada Jumat (12/5/2017) sore.

Jacksen dan pasukannya sudah siap menghadapi Sriwijaya FC, yang dianggapnya kekuatannya tidak akan jauh berbeda bila dibandingkan saat pertemuan terakhir di Piala Presiden 2017 pada bulan Maret lalu. Saat itu tim tuan rumah menang tipis 2-1.

Meski belakangan banyak laga Sriwijaya FC tidak ditayangkan langsung di televisi, Jacksen menyebut gaya permainan Hilton Moreira dkk akan tetap sama.

“Saya pikir peran pemain yang akan lebih vital bila dibandingkan pelatih. Meski dulu di Piala Presiden SFC masih ditangani oleh Widodo C. Putro dan sekarang berganti ke Oswaldo Lessa, tetapi 70 persen materi pemain masih sama dan tidak ada perubahan secara drastis,” ujarnya.

Peran pemain asing yang dimiliki oleh Sriwijaya FC diyakini Jacksen akan sangat besar. Alberto "Beto" Goncalves cs. jadi motor permainan kubu Laskar Wong Kito.

Jacksen pun menegaskan bahwa anak asuhnya tetap fokus di laga ini. Mental bertanding mereka tidak ambruk meskipun di dua laga terakhir harus menelan kekalahan. Beruntun, Laskar Antasari digasak Arema FC (0-1) dan PS TNI (1-2).

“Jika melihat permainan kami saat melawan Arema, saya pikir sangat luar biasa. Kami hanya membuat sebuah kesalahan yang berujung kekalahan. Begitu juga saat melawan PS TNI. Mental pemain tidak down, tidak ada yang terpukul dan wajar bila ada yang kecewa. Tetapi saya pastikan mereka akan tetap siap melawan Sriwijaya FC,” tegas Jacksen F. Tiago.

2 dari 3 halaman

Ogah Rotasi Pemain

Sementara itu, pelatih Sriwijaya FC, Oswaldo Lessa menyebut anak asuhnya siap bekerja keras guna meneruskan tren positif usai berhasil memenangkan pertandingan terakhir melawan Persiba Balikpapan Selasa (9/5/2017).

“Kami harus cepat naik di klasemen, jika dapat poin penuh peluang menyodok ke papan atas terbuka lebar. Dari pertandingan sebelumnya, Sriwijaya FC banyak mendapat pelajaran, karena saat bermain bagus justru tim tidak mendapat kemenangan. Besok kami harus tetap bermain bagus dan menang, ini penting dan akan kami persembahkan kepada suporter,” papar Oswaldo Lessa.

Sriwijaya FC saat ini bertengger di posisi 12 klasemen Liga 1 2017. Mereka mengoleksi tujuh poin dari lima pertandingan yang telah dijalani.

Lessa juga menyebut bahwa dirinya juga akan sangat berhati-hati dalam menyusun starting eleven nantinya. “Melawan Barito, Beto kemungkinan akan absen. Tapi saya sudah siapkan penggantinya yang tak kalah tajam," ujar arsitek asal Brasil tersebut.

"Soal rotasi sebenarnya saya jarang melakukannya karena tim ini harus butuh banyak bermain bersama-sama, kalau terus diganti maka kapan pemain akan saling mengerti. Jika bisa maka mungkin saya akan memasang tim yang sama di 17 pertandingan, tetapi tidak mungkin karena ada akumulasi, cedera atau panggilan timnas,” tambahnya.

Sementara itu, kapten tim Sriwijaya FC, Yu Hyun-koo menyebut bahwa kondisi kebugarannya rekan-rekannya sudah pulih 100 persen setelah menjalani pekan padat Liga 1 2017.

“Kondisi fisik kami sudah bugar, tetapi saya melihat sektor mental harus lebih kuat lagi. Apalagi di laga kandang terakhir kami kalah 1-2 dari Bhayangkara FC, oleh karena itu kemenangan di atas Persiba selanjutnya sangat penting dan hasilnya meningkatkan kepercayaan diri pemain. Kami siap tempur menghadapi Barito Putera,” tutur gelandang asal Korea Selatan itu.

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Sriwijaya FC (4-3-3): Teja Paku Alam (Kiper); Marco Meraudje, Yanto Basna, Bobby Satria, Zalnando (Belakang); Yu Hyun-koo, Nur Iskandar, Tijani Belaid (Tengah); Maldini Pali, Hilton Moreira, Anis Nabar (Depan)

Pelatih: Oswaldo Lessa

Barito Putera (4-3-3): Sahar Ginanjar (Kiper); N Nurzaidin, Aeron Evans, Hansamu Yamma, Valentino Telaubun (Belakang); Paolo Sitanggang, Syahroni, Rizky Pora (Tengah); Douglas Packer, Matias Cordoba, Agi Pratama (Depan)

Pelatih: Jacksen F. Tiago

Video Populer

Foto Populer