Sukses


Suporter PSM Unjuk Loyalitas di Kandang PS TNI

Bola.com, Cibinong - Sejak era perserikatan PSM Makassar dikenal memiliki fans fanatik. Mereka rela berkorban menyeberang pulau demi menyaksikan tim kesayangannya berlaga di Jakarta atau kota-kota lain di Pulau Jawa. Mereka membaur dengan warga Makassar perantau, yang tak mau ketinggalan momen-momen penting Tim Juku Eja.

Fanatisme suporter PSM terlihat saat duel lanjutan Liga 1 2017 menghadapi PS TNI, Senin (15/5/2017) di Stadion Pakansari, Cibinong. Walau jumlah mereka kalah banyak dibanding para tentara yang menjadi pendukung The Army,namun keriuhan yang mereka buat tidak kalah.

Ada sekitar 500 orang suporter PSM yang menyaksikan langsung pertandingan di Stadion Pakansari. Mayoritas di antara mereka duduk di Tribune Selatan. Mereka terdiri dari warga Makassar perantauan serta fans yang sengaja datang dari Sulawesi Selatan.

Suporter PSM berkumpul di Universitas Jayabaya, Pulomas, sebelum berduyun-duyun menggunakan bus khusus datang ke Cibinong. Mereka menggunakan atribut berwarna merah, warna kebesaran klub.

Ada juga suporter yang datang sendiri, menggunakan kendaraan umum. Ambil contoh Basri, warga Makassar yang tinggal di pusat kota Bogor. Pria yang bekerja sebagai guru tersebut datang menggunakan angkot serta ojek online bareng putranya, Amiruddin.

"Saya selalu rutin nonton pertandingan PSM yang digelar di ibu kota. Untuk pertandingan kontra PS TNI kali ini saya tidak perlu menghabiskan energi terlalu banyak. Cukup dua kali naik angkot plus memesan ojek online saya dan putra saya sudah sampai ke Stadion Pakansari. Rasa rindu saya pada klub kampung halaman terbayar lunas hari ini," ujar Basri.

PSM yang menjadi pemuncak klasemen Liga 1 2017 takluk dengan skor 1-2 oleh PS TNI. Gol kemenangan PS TNI dicetak Elio Bruno Martins (33), Leonel Nunez (55), sedangkan gol balasan PSM dilesakkan Reinaldo da Costa menit ke-76.

Walau kalah para pendukung PSM tidak terlihat kecewa. Justru sebaliknya mereka menunjukkan loyalitas dengan menunggu awak tim meninggalkan stadion. Zona mix zone yang diperuntukkan buat media penuh dengan pendukung Tim Ayam Jantan dari Timur. Mereka meneriakkan nama PSM berkali-kali dengan lantang.

"Terimakasih... Terimakasih...Terimakasih," ujar Hamka Hamzah, kapten PSM menjawab dukungan suporter di area mix zone.

Sebelumnya saat pertandingan berakhir para pemain PSM beserta ofisial mendatangi Tribune Selatan untuk memberikan applause buat para suporter.

Pelatih PSM, Robert Rene Alberts melontarkan pujian kepada suporter Juku Eja. "Kehadiran mereka memberi semangat kepada kami. Sayang kami kalah, walau sebenarnya berpeluang menang jika saja wasit memimpin pertandingan netral," ujar pelatih asal Belanda tersebut.

 

 

Video Populer

Foto Populer