Sukses


Permainan Impresif Vietnam di Piala Dunia U-20 Menuai Pujian

Bola.com, Cheonan - Datang sebagai underdog, penampilan apik yang diperlihatkan Timnas Vietnam pada laga perdana di Piala Dunia U-20 2017 membuat perhatian baik pesaing maupun fans, tertuju pada skuat berjulukan The Golden Stars ini.

Pada pertandingan pertama di penyisihan Grup E di Stadion Cheonan, Korea Selatan, Senin (22/5/2017), Timnas Vietnam U-20 berhasil menahan 0-0 tim juara zona Oceania, Selandia Baru.

Tidak hanya itu, hampir 10 ribu penonton yang hadir di stadion, 2.000 orang di antaranya datang langsung dari Vietnam, dibuat senang dan terhibur dengan permainan yang ditunjukkan tim asuhan pelatih Hoang Anh Tuan ini.

Seperti dilansir dari Fox Sports Asia, Selasa (23/5/2017), Timnas Vietnam U-20 tampil mengesankan dengan memadukan kualitas teknik mumpuni, umpan-umpan terukur, memainkan tempo dengan pas, memiliki pergerakan dinamis, dan punya mentalitas kuat, yang membuat mereka mampu mendominasi permainan sejak peluit tanda pertandingan mulai dibunyikan.

Satu-satunya kelemahan dalam duel itu mungkin adalah penyelesaian akhir karena Vietnam gagal membobol gawang Selandia Baru. Meski begitu, permainan The Golden Stars tetap menuai pujian.

Pasalnya, mereka dianggap "bukan siapa-siapa". Dalam daftar unggulan Piala Dunia U-20 2017, Vietnam dianggap tim lemah dengan diposisikan di urutan ke-23 dari 24 peserta. Posisi paling buncit diduduki Vanuatu yang berada di Grup B.

Skor 0-0 melawan Selandia Baru sudah cukup membuat Vietnam mengukir sejarah sebagai tim di Asia Tenggara pertama yang mencetak poin di ajang Piala Dunia U-20. Secara khusus, inilah poin pertama Vietnam di kancah Piala Dunia lapangan, meski dalam level kelompok usia. 

"Kami menuliskan lembaran baru dalam sejarah sepak bola Vietnam. Kami bangga dengan diri sendiri. Hasil yang luar biasa, namun juga mengecewakan karena kami akan senang bila mampu meraih tiga poin. Jujur saja, kami sedikit frustrasi," kata Quang Hai Nguyen, kapten Timnas Vietnam U-20, mengacu pada dominasi mereka sepanjang pertandingan, seperti dikutip di laman FIFA.

"Ini poin bersejarah, tak ada keraguan untuk itu. Tapi pada akhirnya, itu hanya satu poin di Grup E. Namun, salah satu tujuan kami ke sini adalah untuk mendapatkan respek dan saya rasa, kami sudah mendapatkannya malam ini," timpal Hoang Anh Tuan, sang pelatih, seusai pertandingan.

Dengan penampilan impresif di partai pembuka itu, banyak kalangan menilai Vietnam U-20 layak dan mampu menembus ke putaran kedua yang diikuti 16 tim.

Saat ini baik Vietnam maupun Selandia Baru mengemas satu poin, di bawah Prancis yang menang 3-0 atas Honduras. Vietnam U-20 akan menghadapi Prancis pada pertandingan kedua di Stadion Cheonan, Kamis (25/5/2017).

Sebagai catatan, Timnas Vietnam U-20 merupakan satu-satunya wakil Asia Tenggara di Piala Dunia U-20. Pada edisi sebelumnya, 2015, Asia Tenggara diwakili Myanmar, yang gagal mendapat satu poin pun dan jadi juru kunci Grup A dengan menelan tiga kekalahan dalam tiga pertandingan.

Prestasi yang dicatatkan Timnas Vietnam di ajang Piala Dunia U-20 ini tentu bisa jadi cambuk bagi Indonesia, yang juga sedang mempersiapkan timnas baik U-19 maupun U-16 yang disiapkan untuk Piala AFF serta kualifikasi Piala AFC yang jadi pembuka jalan ke Piala Dunia U-20.

 

Video Populer

Foto Populer