Sukses


Kisah Hong Soon-hak soal Nama Panggilan Haki

Bola.com, Jakarta - Hong Soon-hak dikenal sebagai gelandang atraktif yang dimiliki Persija Jakarta pada Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo. Pemain asal Korea Selatan ini lantas bergabung dengan PS TNI setelah terkena imbas regulasi Liga 1 2017, lantaran klub hanya diperbolehkan memiliki maksimal dua pemain berusia di atas 35 tahun.

Ketika tengah berbicang akrab bersama Bola.com seusai laga Persija versus Bali United (21/5/2017), semua pemain Persija dengan akrab memanggil Hong Soon-hak dengan panggilan Haki. Mereka juga menyapa mantan setim itu dengan hangat.

Bicara perihal nama Haki, ada yang menarik. Ternyata nama Haki bukanlah nama kecil yang diberikan keluarga kepada Hong Soon-hak. Nama tersebut hadir setelah mantan pemain Daegu FC dan Suwon Samsung Bluewings itu menginjak remaja. Hong Soon-hak mengungkapkan bila nama itu muncul karena kesalahan komentator asal Jepang dalam menyebutkan namanya.

"Nama Haki itu baru ada ketika saya bergabung dengan Timnas Korea Selatan U-15. Ketika itu kami menghadapi Timnas Jepang U-15. Kami bermain di Jepang dan komentator mereka salah menyebut nama saya. Ia menyebut nama saya Hong Soon-hagi atau Hong Soon-haki," kisahnya kepada Bola.com.

"Awalnya teman-teman saya mengejek saya dengan sebutan Haki karena kesalahan komentator tersebut. Mereka mulai memanggil saya dengan nama Haki. Namun, sejak saat itu justru nama Haki menjadi panggilan untuk saya dari semua teman-teman," lanjutnya.

Hong Soon-hak (tengah) saat masih berseragam Persija Jakarta di Piala Presiden 2017. (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Hong Soon-hak kini menjalani tahun kedua dari rencana tiga tahunnya berada di Indonesia. Meski tidak lagi berseragam Persija, semua pemain Macan Kemayoran masih sangat akrab dengannya. Setiap kali bertemu, panggilan 'hey Haki" selalu terdengar dari Sutanto Tan dkk.

Di PS TNI, Hong Soon-hak juga mampu jadi andalan. Meski tengah didera cedera, ia berhasil dua kali mencetak gol yang menyelamatkan The Army dari kekalahan. Selain itu, kepribadiannya yang rendah hati dan senang bergaul membuatnya disukai, baik oleh rekan-rekan setimnya di PS TNI atau pun mantan rekan setimnya di Persija.

 

Video Populer

Foto Populer