Sukses


Diprediksi Mengejutkan, Vietnam Malah Pulang Cepat dari PD U-20

Bola.com, Jeonju - Satu-satunya wakil Asia Tenggara di Piala Dunia U-20, Timnas Vietnam, tersingkir di fase penyisihan grup. The Golden Stars jadi juru kunci Grup E setelah di pertandingan terakhir, Minggu (28/5/2017), kalah 0-2 dari Honduras di Stadion Jeonju World Cup, Jeonju, Korea Selatan.

Akibat kekalahan itu, Timnas Vietnam U-20 hanya mampu mengemas satu poin hasil dari bermain 0-0 di laga pembuka melawan Selandia Baru (22/5/2017). Pada pertandingan kedua melawan Prancis (25/5/2017), mereka tumbang 0-4.

Dengan catatan itu, Timnas Vietnam U-20 jadi satu-satunya peserta yang gagal membobol gawang lawan di penyisihan grup. Bahkan Vanuatu, yang dianggap tim paling lemah dalam putaran final kali ini, mampu mencetak empat gol meski gagal lolos dari Grup A karena berada di dasar klasemen grup.

Apa yang dicapai Vietnam ini bak antiklimaks. Pasalnya, skuat asuhan pelatih Hoang Anh Tuan ini sempat mengejutkan dengan memperlihatkan penampilan apik nan menjanjikan pada partai perdana melawan Selandia Baru.

Seusai menahan imbang wakil Oceania itu, banyak kalangan menilai positif Timnas Vietnam. Quang Hai Nguyen dkk. mendapat banyak dukungan agar bisa membuat sejarah dengan lolos ke fase selanjutnya.

Namun, harapan itu tidak terwujud karena Timnas Vietnam U-20 kalah beruntun dalam dua pertandingan yang membuat mereka jadi juru kunci.

Apa yang dicatatkan Vietnam hampir sama dengan Myanmar pada Piala Dunia U-20 2015. Dua tahun lalu, Myanmar juga jadi wakil tunggal Asia Tenggara.

Namun, timnas yang dilatih Gerd Seize itu juga terhenti di penyisihan grup dan terbenam di dasar klasemen Grup setelah kalah dalam tiga partai. Sama seperti Timnas Vietnam U-20, Myanmar juga gagal mencetak satu gol pun selama tampil di putaran final Piala Dunia.

Di sisi lain, hingga kini Indonesia masih terus berupaya mengulang jejak keberhasilan pada 1979. Ketika itu Timnas Indonesia U-20 bisa bermain di Piala Dunia Junior 1979.

Jalan untuk kembali tampil di Piala Dunia U-20 dan juga U-17 sudah direntas Timnas Indonesia. Jalan ke sana harus dilewati melalui kualifikasi Piala AFC U-19 serta kualifikasi Piala AFC U-16  yang digelar tahun ini.

 

Video Populer

Foto Populer