Sukses


Hong soon-hak Ungkap Masih Punya Urusan dengan Persija

Bola.com, Jakarta - Pemain asal Korea Selatan, Hong Soon-hak, tampaknya masih belum bisa melupakan Persija Jakarta meski sekarang ia sudah bergabung bersama PS TNI. Kebersamaan dengan Persija pada Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo membekas begitu dalam sehingga ketika terpaksa terusir keluar dari tim Macan Kemayoran, Hong Soon-hak seakan tak rela dengan keputusan itu.

Buktinya, pemain 36 tahun itu tidak tahan dan akhirnya meluapkan isi hatinya perihal apa yang sebenarnya terjadi hingga membuatnya terdepak dari Persija. Padahal, sebelumnya Hong Soon-hak tampak kalem dan membela PS TNI dengan tenang.

Hong Soon-hak curhat, menceritakan kronologis bagaimana ia terlempar dari skuat Persija. Mantan pemain Suwon Samsung Bluewings dan Daegu FC di Liga Korsel itu mengungkapkan bila jelang musim 2017, ia mendapatkan perpanjangan kontrak selama dua tahun dengan Presiden Persija, Ferry Paulus, setelah tampil mengesankan di TSC 2016. Namun, kedatangan presiden dan pelatih baru Persija mengubah keputusan itu.

"Saya tidak mendengar langsung, tetapi pelatih kepala ingin mendesak saya dari posisi mildfielder. Ferry Paulus dan saya banyak dialog, akhirnya saya pergi ke tim lain. Saya membuat kesepakatan dengan dia," kata Hong Soon-hak.

"Banyak orang beranggapan mungkin saya bermasalah dengan peraturan usia dalam liga. Mungkin karena usia saya sudah lebih dari 35 tahun. Padahal, saya mendengar pemain asing bebas dari peraturan itu, ketentuan untuk pemain asing berbeda," lanjutnya.

Itulah mengapa, hingga sekarang Hong Soon-hak merasa urusannya dengan Persija belum selesai. Perasaan ditepikan dari klub yang membesarkan namanya di sepak bola Indonesia sempat membuatnya drop. Apalagi, juga muncul rumor bila gajinya masih ditunggak tim Macan Kemayoran. 

Ia menuturkan sebelum pertandingan PS TNI kontra Persija (8/6/2017), memiliki pikiran untuk meninggalkan Indonesia dan pulang ke Korsel.

"Sebelum pertandingan itu sebenarnya saya lelah, saya ingin istirahat. Sebelum pertandingan melawan Persija, saya ingin pulang ke Korea. Namun, setelah saya berpikir banyak The Jakmania memberi dukungan, saya yang merasa lelah menjadi lebih kuat," tuturnya.

Pada pertandingan yang dimenangi Persija dengan skor 0-2 itu, Hong Soon-hak memberikan salam kepada The Jakmania. Kini, Hong Soon-hak berupaya menyelesaikan persoalan dengan menemui manajemen Persija. Ia ingin persoalan yang mengganjal hatinya ini bisa tuntas dan menikmati kebersamaan dengan PS TNI lebih baik lagi.

"Untuk semua pemain di PS TNI, saya merasa senang dengan mereka. Kami latihan dan berjuang dalam pertandingan bersama. Semuanya terima kasih. Jadi, saya berharap permasalahan cepat selesai dan berakhir dengan bahagia," ujar Hong Soon-hak.

 

Video Populer

Foto Populer