Sukses

Wakapolda Metro Jaya: Ada Euforia Berlebih saat Persija Berlaga

Bola.com, Jakarta - Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Metro Jaya, Suntana, mengakui adanya euforia berlebih yang muncul ketika Persija Jakarta bermain di Stadion Patriot, Bekasi. Pria berpangkat Brigadir Jenderal Polisi itu menyebut euforia suporter Persija terkadang tidak diimbangi perilaku tertib yang kemudian merugikan semua pihak.

Hal tersebut disampaikan Suntana ketika bertemu dan bersilaturahmi dengan manajemen Persija dan perwakilan pengurus suporter Persija, The Jakmania, di kawasan Kemayoran, Jakarta, Senin (19/6/2017) malam.

Suntana mengakui sulitnya membendung kericuhan suporter ketika Persija tampil di Stadion Patriot tidak lepas dari euforia berlebihan yang dirasakan para oknum suporter, yang akhirnya menimbulkan insiden bentrok.

"Ini euforia yang perlu kita semua cermati. Penonton begitu bersemangat untuk mendukung Persija. Euforia berlebih itu kadang tidak diimbangi dengan perilaku yang tertib. Banyak yang nekat tidak membawa tiket dan ingin menonton Persija dengan alasan cinta. Bahkan sudah disiapkan layar lebar di luar stadion, tapi sepertinya kurang puas tidak berada dalam stadion," ujar Suntana.

Insiden bentrok yang terbaru terjadi di Stadion Patriot Bekasi, ketika Perseru Serui menggelar laga kandang terusir dengan menghadapi Persija. Banyak oknum suporter tanpa tiket yang mencoba memaksa masuk ke stadion dan menimbulkan kericuhan serta bentrok dengan petugas keamanan.

"Euforia berlebihan ini membuat mereka tidak berpikir logis dan memaksa untuk masuk. Petugas kepolisian, panitia pelaksana, dan korlap The Jakmania sudah mencegah, tapi mereka malah menganggap kami ini sebagai musuh dan akhirnya terjadi benturan," ujar Suntana.

Suntana mengimbauThe Jakmania yang tidak memiliki tiket agar tidak memaksakan diri datang ke stadion. Ia meminta para suporter harus tertib dan tidak memaksa masuk ke stadion jika tak memiliki tiket dan berharap pendukung Persija bisa berkoordinasi lebih dulu dengan manajemen tim dan pengurus The Jakmania untuk mendapatkan tiket pertandingan.

Persija bakal menghadapi Persipura dalam laga kandang berikutnya, yang digelar pada 8 Juli 2017 atau setelah Hari Raya Idul Fitri 2017. Suntana menegaskan akan berkoordinasi kembali dengan manajemen Persija dan pengurus The Jakmania untuk memastikan semua berjalan dengan tertib.

"Masih ada waktu hingga pertandingan menghadapi Persipura. Saya, Bung Ferry, dan Pak Gede Widiade akan duduk bersama demi mencegah insiden yang sudah terjadi, tak terulang lagi. Kami akan turun langsung ke kantong-kantong basis suporter Persija dengan imbauan yang sudah kami sampaikan," ujar Suntana.

"Kami juga berniat melakukan penertiban di pintu tol. Jika ada bus yang membawa The Jakmania tanpa tiket, akan kami minta untuk memutar balik. Kami akan melakukannya bersama Korlap The Jakmania sehingga ini menjadi upaya bersama untuk menjaga ketertiban saat Persija bertanding," lanjutnya.

 

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer