Sukses


Fachri Husaini Minta Pemain Timnas U-16 Tak Terlalu Diekspos

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fachri Husaini, senang dengan keberhasilan anak-anak asuhnya dalam meraih gelar juara di Tien Phong Plastic Cup 2017 yang digelar di Vietnam. Namun, pelatih asal Lhokseumawe itu meminta agar Rendy Juliansyah dkk. tidak terlalu diekspos terlebih dulu sehingga benar-benar bisa fokus dalam sepak bola.

Timnas Indonesia U-16 berhasil mencetak prestasi dalam persiapan menuju Piala AFF U-15 2017 dan Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 dengan menjuarai Tien Phong Plastic Cup 2017. Yadi Mulyadi cs. berhasil menjadi yang terbaik di turnamen mini yang digelar di Vietnam itu pada 14-18 Juni 2017.

Keberhasilan anak-anak asuh Fachri Husaini tersebut jadi sebuah sorotan di tengah minimnya prestasi sepak bola Indonesia. Namun, mengingat maraknya pemain berprestasi di usia dini yang lantas menghilang serta kemerosotan performa seiring karier sepak bola pemain muda berjalan, Fachri Husaini tidak ingin anak-anak asuhnya mengalami hal yang sama.

Pelatih berusia 51 tahun itu meminta agar para pemain muda yang diasuhnya ini dibiarkan untuk fokus dengan latihan dan menjaga kondisi fisik. Salah satu caranya, dengan tidak mendapatkan ekspos yang terlalu besar dari media.

"Kami harus menjaga kebugaran para pemain, begitu pula kekompakan tim. Caranya termasuk dengan membatasi mereka untuk melakukan wawancara yang berlebihan. Ekspos yang berlebihan itu berbahaya untuk anak-anak seusia mereka," ujar Fachri Husaini.

"Mohon dimengerti kepada rekan-rekan media jika saya harus melakukan pembatasan seperti ini. Tugas saya bukan hanya melatih mereka, tapi juga menjaga mereka. Harus dikatakan bahwa mereka adalah aset bangsa ini."

"Kita semua bisa melihat banyak pemain muda yang lebih hebat di media ketimbang di lapangan hingga akhirnya ketika usia 20 tahun, selesai main sepak bolanya. Saya tidak akan pernah mengizinkan hal tersebut terjadi di dalam tim saya selama saya yang menjadi pelatih di tim ini," lanjut Fachri.

Setelah berhasil menjadi juara di Tien Phong Plastic Cup 2017, kini tim asuhan Fachri Husaini ini tengah melakukan persiapan terakhir untuk menjalani Piala AFF U-15 2017 yang akan digelar di Bangkok, Thailand, pada 9-22 Juli 2017 dan juga Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 yang juga akan digelar di Thailand pada 16-24 September 2017.

 

Video Populer

Foto Populer