Sukses


Pelatih Timnas U-16 Terapkan Aturan Ketat Jelang Piala AFF U-15

Bola.com, Jakarta - Tim pelatih Timnas Indonesia U-16 memberlakukan aturan ketat bagi 27 pemain yang mengikuti pemusatan latihan jelang tampil di Piala AFF U-15 2017. Salah satu aturan yang diterapkan adalah larangan pemakaian telepon genggam yang berlebihan oleh Hamsah Lestaluhu cs..

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fachry Husaini, melarang pemakaian telepon genggam secara berlebihan karena dianggap bisa merusak persiapan timnya. Aturan itu juga sudah diberlakukan pelatih berusia 51 tahun saat Tim Garuda Muda menjuarai turnamen Tien Phong Plastic Cup 2017 di Vietnam, beberapa waktu lalu.

"Handphone merupakan musuh terbesar saya selama menangani mereka. Saat di Vietnam, ada waktu mereka bisa menggunakan handphone dan ada waktunya kami ambil handphone mereka," ucap Fachry kepada Bola.com.

Kekhawatiran Fachry berkaitan dengan kebugaran pemain dan kerja sama tim yang ia bangun selama menangani Timnas Indonesia U-16. Ia merasa dua aspek itu bisa terganggu dengan pemakaian telepon genggam yang melewati batas normal.

"Begitu handphone ada di tangan mereka, maka mereka bisa tidur di atas jam 12 malam. Waktu tidur mereka hanya empat jam karena subuh harus bangun padahal mereka seharusnya bisa istirahat selama delapan jam," ucapnya.

"Aspek mental juga terganggu karena penggunaan handphone itu membuat mereka menjadi individualistis padahal kami membangun tim ini dengan kerja sama dan kekompakan tim. Saya tidak pernah lihat mereka yang pegang handphone duduk berdampingan bicara soal sepak bola," ia menambahkan.

Timnas Indonesia U-16 akan memulai kiprah mereka di Piala AFF U-15 pada 9 Juli mendatang. Tim Garuda Muda berada di grup A bersama tuan rumah Thailand, Australia, Myanmar, Singapura, dan Laos.

 

Video Populer

Foto Populer