Sukses


    Ini Ungkapan Hati Pelatih Timnas Malaysia U-22 soal Boikot Klub

    Bola.com, Kuala Lumpur - Kekhawatiran pelatih Timnas Malaysia U-22, Ong Kim Swee, terkait tarik-ulur pemain untuk kepentingan timnas dan klub akhirnya jadi kenyataan. Ong Kim Swee mungkin hanya bisa tersenyum kecut saat melihat hari pertama pemusatan latihan menjelang kualifikasi Piala AFC U-23 2018 dan SEA Games 2017 yang digelarnya, hanya diikuti enam pemain.

    Padahal, ada total 26 pemain yang dipanggil untuk menjalani TC Timnas Malaysia U-22 di Wisma FAM, Kelana Jaya. Media massa Negeri Jiran, semisal The Star, bahkan menganggap situasi ini sebagai sebuah lelucon. 

    Mendapati kondisi memprihatinkan ini, Ong Kim Swee hanya bisa pasrah. Kendati, kepada media massa lokal, ia curhat. "Ini untuk kali pertama sepanjang karier melatih saya, pemusatan latihan hanya diikuti enam pemain," ujarnya.

    Mantan pelatih Timnas Malaysia senior ini menambahkan situasi ini bukanlah awal bagus dalam persiapan untuk dua ajang internasional.

    "Tentu sangat sulit mempersiapkan tim dengan jumlah pemain yang ada sekarang di tim. Tugas saya jelas semakin berat, tapi saya akan mencoba melakukan apa yang bisa dengan pemain yang ada saat ini," tuturnya.

    "Ini merupakan tantangan dan saya lebih melihat hal ini dengan positif. Saya tidak akan menyerah karena semua ini demi negara. Kami akan berusaha lolos ke putaran final Piala AFC U-23," tegasnya.

    Ong Kim Swee ditinggalkan para pemain karena mayoritas klub enggan melepas pemain mereka ke timnas lantaran jadwal pemusatan latihan bertabrakan dengan jadwal pertandingan di liga reguler serta Piala Malaysia. 

    Klub merasa tidak berkewajiban melepas pemain karena kualifikasi Piala AFC U-23 2018 hanya turnamen kelompok usia, bukan turnamen resmi FIFA.

    Ong Kim Swee diperkirakan baru akan mendapatkan tambahan pemain dalam pemusatan latihan, mulai 8 Juli 2017, secara bergelombang. Satu-dua pemain akan hadir setiap hari, hingga pada 12 Juli 2017, Timnas Malaysia U-22 mendapat tambahan 15 pemain. 

    Padahal, saat itu hanya berjarak tujuh hari sebelum kick-off kualifikasi Piala Asia U-23 2018 yang digulirkan di Thailand pada 19-23 Juli 2017. Praktis Ong Kim Swee hanya punya waktu lima hari melatih tim dalam kondisi normal karena mereka dijadwalkan bertolak ke Thailand pada 17 Juli 2017.

    Itu pun belum dalam kondisi normal sepenuhnya karena lima pemain lain yang berasal dari Penang FA dan Pahang FA hingga sekarang belum diketahui apakah bakal bergabung dengan Timnas Malaysia U-22 atau tidak.

    Kondisi itu tentu bisa dimanfaatkan para pesaing, termasuk Timnas Indonesia U-22 yang berada satu grup dengan Timnas Malaysia U-22. Selain itu ada juga Mongolia dan tuan rumah Thailand.

     

    Video Populer

    Foto Populer