Sukses


Semen Padang Dukung Penggunaan Wasit Asing di Liga 1

Bola.com, Padang - PSSI berencana menggunakan wasit asing pada putaran kedua Liga 1 2017. Secara umum, seluruh klub mendukung kebijakan tersebut. Hal itu dinilai bisa mendongkrak kualitas kompetisi Liga 1, khususnya pada putaran kedua nanti.

Pelatih Semen Padang, Nilmaizar, mendukung penuh wacana tersebut. Menurut Nil, langkah yang diambil PSSI merupakan terobosan untuk meningkatkan kualitas kompetisi sepak bola nasional.

"Kami bukan tidak percaya dengan kemampuan wasit lokal. Mereka banyak yang memiliki kualitas dan layak dipertahankan. Namun, dengan pemakaian wasit asing nanti tentunya akan meningkatkan kepercayaan masing-masing tim terhadap sang pengadil," ujar Nilmaizar, Rabu (19/7/2017).

Bagi Semen Padang, lanjut pelatih kelahiran Payakumbuh itu, dukungan itu bukan saja dari tim pelatih, manajemen, dan pemain. Mantan pemain Semen Padang pun mengapresiasi langkah yang dilakukan federasi sepak bola Indonesia itu.

"Seluruh pelaku sepak bola khusunya di Semen Padang sangat mendukung langkah itu. Publik juga memberikan apresiasi dari langkah tersebut. Kami berharap ke depannya kompetisi sepak bola nasional semakin baik," tambahnya.

Nil tidak memungkiri dalam beberapa pertandingan, Semen Padang sedikit banyak dirugikan keputusan wasit. Meski ia menyadari, kapasitas penglihatan wasit saat kejadian di lapangan sangat terbatas hingga berpengaruh terhadap keputusan.

"Kami akui, keputusan seorang wasit tergantung situasi dan kondisi. Mereka memiliki keterbatasan, namun dengan seringnya melakukan kesalahan tentu tidak baik juga. Semoga saja, wasit asing nanti benar-benar berbobot dan kapasitasnya sangat baik sehingga bisa meningkatkan kepercayaan seluruh tim kepada sang pengadil," tutur Nilmaizar.

Hanya, Nil berharap kuota wasit asing disesuaikan dengan kebutuhan liga. Mantan pelatih Timnas Indonesia itu berharap PSSI bijak dalam memutuskan wasit yang tidak dipakai pada putaran kedua dan hendak ditugaskan ke mana mereka setelah tidak bertugas di Liga 1.

 

Video Populer

Foto Populer