Sukses


PSSI Terapkan Sistem Online untuk Alih Status Pemain

Jakarta, - PSSI ingin mengefektifkan kinerja dengan memakai sistem online. Salah satu yang bakal segera menggunakan sistem online yaitu alih status pemain.

Infrastruktur berbasis teknologi dikedepankan untuk menghadapi tantangan akan transparansi dalam pengelolaan sepak bola yang profesional. PSSI meluncurkan produk internal yaitu Sistem Online Alih Status Pemain. Tidak hanya alih status, pendaftaran pemain anyar Liga 1 2017 dan Liga 2 2017 bisa dilakukan secara online.

Dalam fungsinya sebagai induk organisasi sepak bola, PSSI memiliki tugas penting yakni pengelolaan status pemain sepak bola di seluruh Indonesia, yang terbagi menjadi dua, amatir dan profesional. Liga 1 2017 dan Liga 2 2017 adalah kompetisi profesional, sedangkan Liga 3 dan kelompok umur adalah kompetisi amatir.

Perpindahan pemain dari satu klub ke klub lain, tidak hanya berbicara mengenai kontrak pemain dengan klub, tetapi juga proses alih status pemain yang terdata di PSSI.

Proses alih status itu dapat terjadi dari amatir ke profesional maupun sebaliknya, sesuai keikutsertaan klub di kompetisi terkait. Dengan traffic yang padat, PSSI berinisiatif membangun sistem online agar proses kerja alih status dapat berjalan dengan efisien dan akuntabel.

Sistem online alih status pemain akan mempermudah anggota PSSI, klub, dan asosiasi provinsi dalam menjalankan prosedur alih status. Di lain pihak, PSSI dapat bekerja lebih cepat untuk melakukan proses monitoring dan validasi, melalui fitur rekam data. Inovasi ini diharapkan dapat menjawab tantangan ke depan sebagai organisasi yang akuntabel dan transparan.

"Melalui sistem online alih status pemain, PSSI berkomitmen mengedepankan transparansi serta efisiensi kerja dalam organisasi. Desain besar dari sistem ini tidak lari dari standar FIFA untuk implementasi teknologi, yang kemudian telah PSSI tailor-made dengan kebutuhan Indonesia," ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha, seperti rilis yang diterima media.

Sistem online ini mulai aktif sejak 16 Juli 2017 dan akan digunakan sebagai alat dalam melakukan proses pendaftaran pemain Liga 1 2017, 31 Juli-18 Agustus 2017, dan Liga 2 2017 pada 16 Juli hingga 5 Agustus 2017.

 

Video Populer

Foto Populer