Sukses


Persib Vs Persija: Kenangan Si Ular Piton Menginap di Markas TNI

Duel sarat gengsi akan berlangsung di Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (22/7/2017) akhir pekan ini. Tuan rumah, Persib Bandung akan menjamu rival abadinya, Persija Jakarta di lanjutan Liga 1 2017.

Persaingan antara Persib dengan Persija sejak awal tahun 2000-an. Kelompok suporter pendukung kedua klub, Viking dan The Jakmania terlibat permusuhan panas.

Striker legendaris tim ibu kota era 2002-2005, Budi Sudarsono, bernostalgia mengenang momen-momen seru saat Maung Bandung berjumpa tim yang pernah dibelanya.

"Biasanya teror sudah ada saat kita menginap di hotel. Itu dulu, sekarang sudah enggak zaman," ujar Budi saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (19/7/2017).

Budi, yang dijuluki Si Ular Piton, menambahkan, serangan psikologis yang diterima para pemain Macan Kemayoran tak berhenti saat laga usai. Menurut Budi, para pemain Persija sampai harus diungsikan ke markas TNI sebelum kembali ke hotel usai pertandingan.

"Kalau pulang naik kendaraan lapis baja barakuda dan menginap dulu di markas tentara, baru kemudian kembali ke hotel. Itu hampir di setiap pertandingan melawan Persib begitu," kata Budi yang kelahiran 19 September 1979 itu.

Panasnya rivalitas antara Persib Bandung dan Persija Jakarta juga menjalar ke pikiran pemain. Budi mengaku, para pemain Persija selalu tampil ngotot saat meladeni penggawa Pangeran Biru. "Selain seru, kita sebagai pemain juga tidak mau saling kalah. Seingat saya, di era saya bermain di Persija, kami lebih sering menangnya," Budi Sudarsono.

2 dari 2 halaman

Sulit Diprediksi

Di sisi lain, terkait jalannya pertandingan pada akhir pekan ini, Budi mengaku laga ini sulit untuk diprediksi. Meskipun grafik permainan Persija dan Persib tengah bertolak belakang di persaingan Liga 1 2017.

Jika Persija tengah menanjak, Persib sebaliknya tengah terpuruk di jajaran papan tengah. Bahkan, Persib baru saja kehilangan Djadjang Nurdjaman yang mundur dari kursi pelatih.

"Sepak bola Indonesia kan sulit ditebak, tapi pertandingan pasti akan berjalan seru," ujar Budi mengakhiri.

Budi Sudarsono bermain bagi Persija di musim 2001-2002 dan 2003-2004. Di periode pertama, Budi mempersembahkan gelar juara Liga Indonesia buat tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Uniknya, pada musim 2009-2010, Budi juga sempat membela Persib Bandung. Sayangnya, ia kurang mengilap di sana.

Video Populer

Foto Populer