Sukses


    Calon Lawan Indonesia di SEA Games 2017 Dihajar 0-8 dan 0-4

    Bola.com, Jakarta - Selain Grup H yang dihuni Timnas Indonesia U-22, beberapa grup lain juga melakoni laga perdana di kualifikasi Piala AFC U-23 2018 pada Rabu (19/7/2017). Dari beberapa pertandingan yang dimainkan, ada yang menarik perhatian, khususnya yang melibatkan calon-calon lawan Indonesia di SEA Games 2017.

    Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-22 tergabung di Grup B bersama Thailand, Vietnam, Kamboja, Filipina, dan Timor Leste.

    Enam pesaing Indonesia di SEA Games ke-29 itu sudah bertanding. Hasilnya, pertandingan Vietnam kontra Timor Leste dan Jepang versus Filipina cukup menarik atensi.

    Pasalnya, laga itu berakhir dengan skor besar. Vietnam yang berada di Grup I, mengalahkan Timor Leste 4-0 sementara Jepang yang ada di Grup J menggilas Filipina dengan skor akhir 8-0.

    Seusai pertandingan pelatih Timor Leste, Kim Shin-hwan, menganggap wajar kekalahan telak tim asuhannya dari Vietnam.

    "Saya masih puas dengan hasil pertandingan. Lantaran cuaca buruk, kondisi fisik pemain kedua tim tidak bagus, terutama tim saya karena banyak pemain muda di dalamnya. Kami bermaksud menyerang tapi tak bisa karena kualitas fisik yang tidak memungkinkan," kata Kim Shin-hwan di situs resmi AFC.

    "Lini pertahanan kami tak bagus. Kombinasi permainan kami juga tak bagus. Itulah mengapa Vietnam mampu mencetak empat gol dan punya banyak peluang lain. Saya pikir Vietnam pantas memenangi laga ini," ia melanjutkan.

    Timnas Jepang U-22 vs Timnas Filipina U-22 di laga pertama penyisihan Grup J kualifikasi Piala AFC U-23 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Rabu (19/7/2017). (Bola.com/AFC)

    Di antara negara di kawasan Asia Tenggara, kekuatan dan kelemahan Timor Leste U-22 memang tidak banyak diketahui. Laporan media lokal Vietnam menyebut bila tim dari negara yang pernah jadi provinsi di Indonesia itu baru datang di Vietnam dua hari menjelang pertandingan.

    Di antara 23 pemain yang disiapkan untuk kualifikasi Piala AFC U-23 2018 ini, terselip tiga pemain yang baru berusia 15 tahun atau kelahiran 2001. Tiga pemain itu adalah Gumario Silva Moreira, Kornelis Portela, dan Danilson Araujo.

    Skor kekalahan lebih besar dialami Filipina. Kendati timnas senior mereka saat ini memiliki peringkat FIFA paling atas di antara negara-negara di ASEAN, Timnas Filipina U-22 mendapati diri mereka terpuruk di laga pertama penyisihan Grup J kualifikasi Piala AFC U-23 2018. Bermain di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Filipina takluk 0-8 dari Jepang.

    "Kami terlalu terbuka dan senantiasa jadi tantangan bermain melawan tim seperti Jepang. Tapi, kami harus mengambil pelajaran dari pertandingan ini," kata pelatih Timnas Filipina U-22, Marlon Maro.

    Menarik dinanti penampilan selanjutnya serta pencapaian akhir para pesaing Timnas Indonesia U-22 ini di kualifikasi Piala AFC U-23 2018 lantaran hal ini bisa dijadikan gambaran kekuatan sebelum bersua Tim Garuda Muda di SEA Games 2017, 14-29 Agustus 2017.

     

    Video Populer

    Foto Populer