Sukses


Imbang Melawan Thailand, Timnas Indonesia Gagal ke Piala AFC U-23

Bola.com, Bangkok - Timnas Indonesia U-22 dipastikan gagal melangkah ke Piala Asia U-23 2018 setelah bermain imbang 0-0 dengan Thailand di pertandingan terakhir Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 di Stadion Nasional, Bangkok, Minggu (23/7/2017). Tim asuhan Luis Milla hanya mengumpulkan empat poin dan berada di posisi ketiga, terpaut dua poin di bawah Malaysia yang lolos sebagai juara grup.

Setelah sejumlah peluang yang diraih Timnas Indonesia U-22 di babak pertama, seperti yang didapatkan Hansamu Yama Pranata pada menit ke-15 dan Septian David  Maulana yang mendapatkan dua peluang pada menit ke-39 dan 43', tim asuhan Luis Milla itu memulai babak kedua dengan penuh semangat.

Tidak seperti babak pertama yang diguyur hujan lebat sehingga membuat bola sulit untuk mengalir di atas permukaan rumput, cuaca di babak kedua pertandingan terakhir Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 ini sudah membaik. Namun, genangan air di atas lapangan masih membuat jalannya bola tetap terganggu.

Setelah tujuh menit babak kedua berlangsung, Luis Milla berupaya menambah daya gedor lini depan Timnas Indonesia U-22 dengan menarik keluar Septian David Maulana dan memasukkan Marinus Mariyanto Wanewar.

Sebuah peluang emas pun didapatkan Timnas Indonesia U-22 pada menit ke-62. Berawal dari umpan yang dilepaskan oleh Marinus Mariyanto Wanewar ke kotak penalti Thailand, Yabes Roni mendorong bola yang tertahan air hingga berada di depan Osvaldo Haay yang tinggal berhadapan dengan kiper. Sayang tembakan Osvaldo masih tipis di sisi kiri gawang Thailand.

Luis Milla kembali menyegarkan lini dpan timnya dengan memasukkan Saddil Ramdani pada menit ke-71. Pemain asal Persela Lamongan itu masuk lapangan menggantikan Yabes Roni.

Pada menit ke-85 Osvaldo Haay berpeluang mengancam gawang Thailand. Namun, sayang tembakan dari sudut sempit dengan mudah dihalau Nont Muangngam. Setelah itu, dua menit berselang giliran Hansamu Yama yang mendapatkan peluang dengan tandukan kepala. Sayang, arah bola masih menyamping ke sisi kanan gawang Thailand.

Pemain dari kedua tim mulai frustrasi ketika pertandingan memasuki masa injury time. Namun, upaya dari kedua tim untuk mencetak gol selalu gagal karena kondisi lapangan membuat permainan cepat tak bisa dijalankan.

Laga pun berakhir dengan tanpa gol dan Timnas Indonesia U-22 dipastikan gagal ke Piala Asia U-23 2018 yang akan digelar di China. Evan Dimas Darmono dkk. hanya mengumpulkan empat poin dari tiga laga dan finis di posisi ketiga Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23 2018.

Malaysia dipastikan menjadi juara grup dan lolos ke China, sementara Thailand masih akan menunggu kepastian apakah mereka menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik yang bisa lolos ke China.

Susunan pemain:

Thailand (4-2-3-1): Nont Muangngam (kiper); Saringkan Promslipa, Shinnaphat Leeaoh, Rattanakorn Maikami, Suriya Singmui (belakang); Worachit Kanitsribumphen, Nopphon Phonkam, Chaiyawat Buran, Phitiwat Sookjitthammakul, Sasalak Haiprakhon (tengah); Chenrop Samphaodi (depan).

Pelatih: Srimaka Worrawoot

Indonesia (4-3-3): Kurniawan Kartika Ajie (kiper); Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama Pranata, Bagas Adi Nugroho, Ricky Fajrin (belakang); Hargianto, Evan Dimas Darmono, Osvaldo Haay (tengah); Septian David Maulana, Yabes Roni, Febri Hariyadi (depan).

Pelatih: Luis Milla

Video Populer

Foto Populer