Sukses


Stefano Teco Bicara Efek Regulasi Pemain U-23 di Persija

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta merupakan salah satu pemain yang cukup berhasil dalam penggunaan pemain U-23 pada putaran pertama Liga 1 2017. Tiga pemain U-23 kerap dipanggil Timnas Indonesia U-22 dan beberapa lainnya bermain bagus di kompetisi Liga 1.

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco, bicara sisi positif dan negatif regulasi tersebut, tetapi mendukung PSSI soal regulasi itu. Menurutnya, efek dari regulasi pemain muda akan tergantung dari mentalitas sang pemain itu sendiri.

"Saya berpikir ada banyak pemain muda yang akhirnya bisa berproses dengan baik. Saya ambil contoh Bule di tim saya. Namun, ada pula pemain muda yang pada akhirnya turun-naik performanya di klub yang dibelanya," ujar Teco.

"Pemain-pemain yang pada akhirnya tidak stabil penampilannya karena seperti dipaksakan bermain di kompetisi level atas tentu akan kasihan. Ia harus menjadi pemain inti tapi justru kesulitan karena belum memiliki keyakinan kuat untuk bermain di level tersebut," lanjut pelatih asal Brasil itu.

Kendati demikian, Teco tak merasa ada masalah berarti dengan regulasi U-23 yang sudah dijalaninya bersama Persija. "Kami akan tetap mendukung PSSI untuk regulasi ini," ujar mantan pelatih fisik Pesebaya Surabaya itu.

Persija memiliki cukup banyak pemain dengan usia di bawah 23 tahun. Tiga di antaranya, Rezaldi Hehanusa atau yang akrab disapa Bule, Muhammad Hargianto, dan Ryuji Utomo, kerap mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia U-22.

Kehilangan tiga pemain dengan usia di bawah 23 tahun tak menjadi masalah bagi Persija yang juga memiliki Ambrizal Umanailo, Sutanto Tan, Muhammad Hargianto, Novri Setiawan, Muhammad Rizky Darmawan, Irfandi Zein Al-Zubeidy, Pandi Lestaluhu, dan M. Rasul.

Persija memutuskan untuk melepaskan M. Rasul jelang putaran kedua Liga 1 2017 ke klub Liga 2, Sragen United. Bukan karena pemain asal PSM Makassar itu tidak memiliki kualitas, tapi karena kurang mendapatkan menit bermain karena persaingan di tim berjulukan Macan Kemayoran. 

 

Video Populer

Foto Populer