Sukses


Rahasia Pasta dalam Menu Makanan Pemain Persija

Bola.com, Banjarmasin - Persija Jakarta punya menu makanan wajib jika sedang melakoni laga tandang. Biasanya, tim medis Macan Kemayoran merekomendasikan menu pasta untuk tersedia pada setiap daftar makanan di hotel tempat menginap.

Pemilihan menu pasta ternyata bukan tanpa alasan. Menurut dr. Donny Kurniawan selaku dokter tim Persija Jakarta, adanya pasta di setiap menu makanan pemain Persija dipilih demi asupan gizi. Donny mengakui, pasta merupakan makanan sumber karbohidrat yang lebih cepat diserap tubuh sehingga bisa menyimpan tenaga para pemain di lapangan.

"Soal pemilihan menu makanan pemain, intinya adalah bagaimana memasukkan karbohidrat ke dalam otot yang akan disimpan sebagai glikogen. Pasta itu merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik karena memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga pasta akan diserat tubuh kita jauh lebih cepat," kata Donny dalam pembicaraan santai dengan Bola.com di Banjarmasin, Minggu (7/8/2018).

Namun, Donny menjadikan pasta bukan sebagai menu primer. Menurut dia, menu tersebut disediakan juga untuk para pemain asing yang lebih suka memakan pasta ketimbang nasi. Adapun untuk pemain lokal, Donny selalu merekomendasi menu-menu yang punya asupan gizi lengkap.

"Berhubung Persija memiliki pemain asing dari Brasil, makanya menu pasta itu selalu ada. Jadi, itu selalu kita pesan ke pihak hotel. Adapun untuk menu pemain lokal, standar pesanan saya pada prinsipnya itu satu makanannya harus memiliki komposisi yang lengkap artinya ada karbohidrat dan ada proteinnya," ujar dokter berusia 35 tahun itu.

Tim medis Persija Jakarta, dari kiri ke kanan, Adit Bento (masseur), dr. Donny Kurniawan (dokter tim), dan Muhammad Yanizar Lubis (fisioterapis). (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Untuk menu pendukung, Donny biasanya merekomendasikan makanan yang tidak pedas. Hal itu dilakukan demi menjaga sistem pencernaan para pemain. Solusinya untuk pemain yang suka pedas adalah dengan penggunaan sambal terpisah.

"Kalau bumbu tak ada yang saya larang. Pastinya, makanan itu jangan ada yang pedas. Sambal pun harus terpisah, karena orang Indonesia susah menahan sambal. Adapun orang asing khususnya Brasil, mereka menghindari makanan pedas," ujar Donny.

Sebagai pelengkap, Donny biasanya lebih suka menyediakan buah-buahan potong. Menurut dia, buah potong lebih baik ketimbang sudah dalam berbentuk minuman jus.

"Kalau jus buah tidak diperlukan karena lebih bagus potongan buah ketimbang jus. Secara dasarnya gizi masih terjaga, kalau jus kebanyakan gula," ucap dr Donny Kurniawan yang baru bergabung dengan Persija Jakarta pada Juli 2017 itu.

Video Populer

Foto Populer