Sukses


Prediksi Arema Vs Persiba: Waspada Mantan dan Pemain Pinjaman

Bola.com, Malang - Di atas kertas, Arema FC mendapatkan lawan ringan dalam pekan ke-20 Liga 1 yang digelar Jumat (18/8/2017) di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, karena mereka kedatangan tim papan bawah, Persiba Balikpapan.

Laga ini merupakan kesempatan emas bagi tim berjulukan Singo Edan ini untuk bangkit dari keterpurukan lantaran lima pertandingan sebelumnya, mereka hanya memetik dua poin. Imbasnya, Arema masih tertahan di posisi sembilan klasemen sementara dengan 27 poin.

Pelatih Arema FC, Joko 'Getuk' Susilo, menegaskan jika pertandingan ini bakal jadi kebangkitan Arema. Tetapi, bukan memandang ringan Persiba Balikpapan yang sedang bangkit untuk lepas dari zona degradasi. Getuk melihat pemainnya punya tekad yang sama untuk segera memetik kemenangan.

"Evaluasi sudah kami lakukan. Apalagi pertandingan sebelumnya saat ulang tahun Arema, belum bisa memberi kemenangan. Saat ini bertepatan suasana dengan HUT RI, kami akan coba berikan kemenangan. Persiba juga dapat tambahan pemain bagus seperti Sunarto dan Oky Dery pemain pinjaman Arema. Tapi, kami harus menang," ujar Getuk.

Namun, Arema kembali dibelit persoalan. Mereka krisis pemain belakang. Dua bek sayap, Syaiful Indra dan Ahmad Alfarizi, masih dalam pemulihan cedera. Keduanya masih latihan terpisah sehari jelang pertandingan melawan Persiba Balikpapan.

"Syaiful dan Alfarizi memang cedera. Karena itu kami siapkan penggantinya, Junda Irawan dan Marko Kabiay," kata pelatih asal Cepu itu.

Meski kondisi tim tidak komplet, Arema tidak punya alasan lagi karena secara materi pemain Persiba Balikpapan masih di bawah Arema. "Kami tidak ingin cari alasan. Yang terpenting kami sekarang satukan tekad untuk mengakhiri masa negatif dengan kemenangan," tegasnya.

Persiba Balikpapan Andalkan Sunarto

Selain lini belakang, Arema sebenarnya punya problem lain, yaitu penyelesaian akhir. Tetapi, masalah ini bisa terpecahkan saat melawan Persiba Balikpapan, mengingat satu gelandang andalan, Juan Pino, bisa kembali diturunkan setelah menjalani hukuman akumulasi kartu.

"Untuk finishing, kami masih punya Gonzales, Pino, Vizcarra, Adam Alis, dan pemain lainnya karena dari semua lini kami siapkan untuk bisa berkontribusi," lanjut Getuk.

Dalam latihan, Arema sudah mengasah penyelesaian akhir pemainnya untuk mencetak gol dari berbagai situasi. Mulai tendangan bebas, penjuru, dan step play. "Setiap kali latihan kami selalu berikan tambahan untuk finishing," tandas Getuk.

Striker Arema, Sunarto 'The Joker' baru satu kali diturunkan pelatih Aji Santoso di Liga 1 2017. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Kalau Arema sedang bernafsu untuk menang, Persiba Balikpapan terlihat tenang karena mereka punya senjata untuk mencuri poin di Stadion Kanjuruhan.

Kebetulan di tim mereka saat ini ada dua mantan pemain dan dua pemain pinjaman dari Arema. Mantan pemain Arema adalah Dian Agus dan Srdjan Lopicic. Sedangkan pemain pinjaman adalah Sunarto dan Oky Dery.

Yang paling berpeluang untuk berkontribusi besar dalam laga ini tentunya Sunarto karena dia diposisikan sebagai penyerang. "Melawan Arema kami sangat siap. Apalagi sekarang punya Sunarto. Ini merupakan tantangan bagi dia untuk mencetak gol," kata pelatih sementara Persiba Balikpapan, Haryadi.

Sunarto sudah menyumbangkan sebiji gol untuk tim Beruang Madu dalam debutnya melawan Perseru Serui di Balikpapan (6/8/2017). Namun, kali ini dia punya tugas berat karena membobol gawang Arema tidak mudah mengingat pemain belakang Arema seperti Arthur Cunha dkk. tentunya sudah hafal dengan pergerakan pemain jebolan Akademi Arema tersebut.

"Sebenarnya Sunarto juga pasti tahu di mana kekuatan dan celah Arema karena itu kami andalkan dia bersama pemain yang lain," lanjut asisten pelatih yang naik pangkat menggantikan Milomir Seslija itu.

Prakiraan Formasi Pemain

Prakiraan Formasi Pemain
Arema FC (4-2-3-1): Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, Arthur Cunha, Marko Kabiay, Junda Irawan; Hendro Siswanto, Ahmet Atayev; Adam Alis, Juan Pino, Esteban Vizcarra; Cristian Gonzales
Pelatih: Joko Susilo

Persiba Balikpapan (4-3-3): Dian Agus; Alfath Fathier, Lourival Junior, Iqbal Samad, Yudi Khoerudin; Bryan Cesar, Srdjan Lopicic, Anmar Almubaraki; Siswanto, Marlon da Silva, Sunarto
Pelatih: Haryadi

Video Populer

Foto Populer