Sukses

Begini Aksi Suporter Indonesia Menyentil Malaysia

Bola.com, Semarang - Kekecewaan masyarakat Indonesia atas terbaliknya pemasangan bendera Merah Putih di buku panduan resmi SEA Games 2017 di Malaysia tampaknya belum hilang.

Sejumlah kecaman dan juga protes terus terjadi baik di media sosial maupun aksi langsung di lapangan. Seperti yang terjadi di saat laga lanjutan Grup 4 Liga 2 antara PSIS Semarang melawan Persis Solo di Stadion Jatidiri, Semarang, Senin (21/8/2017).

Pemandangan terjadi di tribune utara atau tempat yang biasa dihuni kelompok suporter Snex. Di barisan depan, terpampang jelas bendera Malaysia namun dengan posisi terbalik dengan dibubuhi tulisan "Sorry Khilaf". Aksi itu sempat menjadi perhatian para penonton lain dengan mengabadikan melalui foto maupun bertepuk tangan.

"Cukup menarik karena itu juga sebagai bentuk protes sebagai warga Indonesia karena kasus bendera terbalik," ungkap Farid Cahyo, salah satu suporter.

Suporter memasang spanduk bernada sentilan di Stadion Jatidiri, Semarang (21/8/2017), terkait kasus Bendera Merah Putih terbalik di SEA Games 2017. (Bola.com/Ronald Seger)

Salah satu tokoh masyarakat Kota Solo, Bambang Saptono, juga melakukan aksi bendera terbalik. Dengan menempelkan bendera terbalik di mobilnya, dia menyusuri jalanan Kota Bengawan sebelum berhenti di Jalan Slamet Riyadi atau depan patung pahlawan nasional itu.

Bambang terkenal sering membuat aksi tunggal untuk mengkritisi berbagai hal termasuk di dunia pemerintahan. "Aksi ini sebagai bentuk protes. Itu event besar antarnegara dan apakah tidak dicek terlebih dulu sebelum (buku panduan) disebarkan," kecam Bambang.

Pemerintah Malaysia sudah menyampaikan permohonan maaf atas insiden pemuatan gambar bendera Merah Putih yang terbalik pada buku panduan SEA Games 2017.

Kemenlu Malaysia menilai hal tersebut terjadi tanpa sengaja. Menteri Luar Negeri Malaysia, Datuk Seri Anifah Aman, mengklaim sudah melakukan semua tindakan untuk mengatasi situasi yang tak menyenangkan ini.

"Atas nama Pemerintah Malaysia, Kementerian Luar Negeri menyatakan penyesalan yang besat atas kesalahan yang tak disengaja yang dibuat panpel SEA Games 2017 Malaysia (Masoc), atas kesalahan publikasi Bendera Indonesia dalam buklet suvenir resmi upacara pembukaan SEA Games yang dihelat kemarin," kata Anifah.

3 Komentar

Video Populer

Foto Populer