Sukses


Jacksen Tiago Jadi Sorotan Setelah Barito Putera Kalah di Kandang

Bola.com, Banjarmasin - Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago, jadi sorotan setelah Barito Putera dipermalukan Arema FC 1-2 di depan publik Banjarmasin di Stadion 17 Mei, Rabu malam (23/8/2017). Sebab, Jacksen tidak mendampingi tim secara langsung saat persiapan melawan Arema FC karena harus pulang kampung ke Brasil untuk menghadiri pernikahan anak pertamanya.

Namun, mantan pelatih Persipura Jayapura ini ogah jadi kambing hitam atas kekalahan itu karena sejak awal tanda tangan kontrak di Barito Putera, dia sudah meminta izin untuk untuk acara itu sehingga manajemen Laskar Antasari juga melepasnya ke Brasil.

"Kalau bicara profesionalisme, 23 tahun saya berkarier di Indonesia, bisa jadi bukti. Saya cinta dengan Indonesia dan klub yang saya bela. Tapi saya izin pulang ke Brasil kemarin sudah tertulis dalam kontrak. Tidak mungkin saya melewatkan pernikahan anak pertama," jelas Jacksen.

Pelatih 49 tahun ini baru kembali ke Banjarmasin malam hari menjelang pertandingan. Namun selama dia di Brasil, Jacksen sudah memberikan program kepada para asistennya yang memimpin latihan. "Setiap waktu saya juga komunikasi dengan asisten dan pemain langsung untuk mengontrol persiapan tim," tandasnya.

Meski begitu, Jacksen mengakui jika timnya kurang beruntung malam itu karena proses gol yang terjadi ke gawang Barito Putera sebenarnya sudah diantisipasi. "Kami sudah tahu seperti apa Arema akan bermain. Tapi, kami dapat hasil yang tidak bagus," ujarnya.

Jika melihat komposisi tim, Barito Putera sebenarnya lebih komplet. Hanya Hansamu Yama dan Gavin Kwan Adsit yang absen lantaran memperkuat Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017. Selebihnya, semua pemain pilar bisa tampil.

Sementara Arema datang dengan krisis pemain belakang sehingga mereka harus memaksa gelandang seperti Hendro Siswanto dan Adam Alis jadi bek sayap.

Tetapi, bagaimana pun, peran pelatih sangat penting untuk hadir langsung dalam masa persiapan. Selain Jacksen, Barito Putera juga kehilangan asisten pelatih Yunan Helmi yang mengikuti kursus kepelatihan A AFC sehingga saat persiapan melawan Arema, Paulo Sitanggang dkk. ditangani pelatih fisik, Vitor Tinoco.

Video Populer

Foto Populer