Sukses


Prediksi Filipina Vs Indonesia: Terbang Lebih Tinggi, Tim Garuda!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 sudah melewati ujian pertama di Piala AFF U-18 2017 ketika mengalahkan tim tuan rumah, Myanmar, dengan skor 2-1 (5/9/2017). Kini, saatnya Tim Garuda Nusantara terbang lebih tinggi.

Pada laga kedua di penyisihan Grup B, Kamis (7/9/2017), Timnas Indonesia U-19 bersua Filipina. Pertandingan yang dimainkan di Stadion Thuwunna, Yangon, ini semestinya bisa dimanfaatkan untuk memperlancar jalan Tim Garuda Nusantara ke semifinal dengan raihan tiga angka, plus jadi kesempatan untuk memperbesar pundi-pundi gol.

Syaratnya, Rachmat Irianto dkk. tidak boleh mengulangi kesalahan seperti yang dilakukan di babak pertama saat melawan Myanmar. Selain itu, mereka setidaknya bermain sama seperti yang diperlihatkan di babak kedua hingga mampu mencetak dua gol untuk membungkam The White Angels di depan publik sendiri.

Meski hanya punya waktu sehari untuk recovery, situasi ini tidak dipersoalkan Indra Sjafri karena lawan juga mengalami kondisi sama. Ada kemungkinan pelatih asal Sumatra Barat itu melakukan rotasi pemain.

Namun, peluang emas untuk memantapkan posisi di klasemen sayang untuk dilewatkan karena Filipina bisa jadi sasaran "empuk". Pasalnya, The Young Pinoys mengalami kekalahan dengan skor 2-3 dari Brunei Darussalam di laga pertama.

Hanya, dengan alasan itu pula, Filipina bisa bangkit di laga kedua melawan Indonesia. Itulah mengapa, Timnas Indonesia U-19 tidak boleh meremehkan Filipina dan harus tetap berkonsentrasi sejak peluit tanda permainan dimulai hingga laga usai.

Saat menghadapi Brunei, Filipina mampu unggul lebih dulu dan memberikan perlawanan ketat terhadap negara kaya minyak itu sebelum akhirnya kalah.

"Kami membuat beberapa kesalahan dan hal itu dimanfaatkan Brunei. Tapi, kami pastikan di laga selanjutkan kami akan tampil lebih baik," kata Mariano Suba, striker Filipina tak lama setelah takluk dari Brunei mengacu pada pertandingan kontra Indonesia.

 

Kuartet Sayap Filipina Jadi Sorotan

Pelatih Indra Sjafri juga menekankan pada Saddil Ramdani cs. untuk mewaspadai kuartet sayap Filipina yang memiliki kecepatan. "Sistem permainan menyerang mereka harus kami waspadai," kata Indra Sjafri.

Dengan keunggulan lawan itu, lini pertahanan Indonesia bisa mendapat tekanan berat. Transisi dari bertahan ke menyerang yang kurang sempurna saat melawan Myanmar, bisa jadi celah buat Filipina menekan Indonesia. Hal ini harus mendapat perhatian tim pelatih Timnas Indonesia U-19.

Secara khusus, bintang di laga perdana, Egy Maulana Vikri, diprediksi juga bakal mendapat perhatian lebih dari Filipina, seperti halnya Myanmar. Beruntung, seperti disampaikan Indra Sjafri, tim asuhannya tidak mengenal "pemain bintang" dan bergantung pada satu pemain karena sepak bola merupakan permainan tim dan kolektif.

Namun, pengawalan dari lawan dan juga kehati-hatian karena sudah mengantongi satu kartu kuning, diharapkan tidak membuat permainan Egi mengalami penurunan di laga ini. 

Di sisi lain, pelatih Timnas Filipina U-18, Jose Maria Aberasturi, menegaskan bila persaingan di Grup B Piala AFF U-18 2017 memang ketat. "Turnamen ini sangat kompetitif. Kami ingin menguji sejauh mana kekuatan kami dan ingin mencatatkan prestasi lebih baik dari tahun lalu," ujarnya.

Pada Piala AFF U-19 2016, Filipina gagal lolos ke semifinal dan berada di dasar klasemen tanpa mendapat satu poin pun karena selalu kalah dalam empat partai yang dilakoni. Sementara Indonesia, juga terhenti di penyisihan grup karena hanya mengemas poin enam, kalah bersaing dari Thailand dan Australia yang melaju ke semifinal.

Pada edisi tahun ini, semangat untuk mencatatkan prestasi terbaik terus digelorakan Indra Sjafri. Satu lawan berat sudah berhasil ditaklukkan. Meski perjalanan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-18 2017 masih panjang, kemenangan atas Filipina bisa melebarkan jalan untuk mewujudkan asa itu.

Prakiraan Susunan Pemain

Prakiraan Susunan Pemain


Timnas Filipina U-18 (4-3-3): 22-Jessie Reil (Kiper); 18-Shanden Tubigon, 3-Lemark Sayson Unaiba, 6-Elljhone Clyde, 19-Daniel John Salem (Belakang); 5-Robert Lawrence, 13-Fidel Victor, 9-Kier John (Tengah); 7-Marcel Ivan Arcenal Ouano, 10-Mariano Suba, 11-Joshua Broce (Depan)

Pelatih: Jose Maria Anoche Aberasturi

Timnas Indonesia U-19 (4-2-3-1): 1-M Riyandi (Kiper); 12-Rifad Marasabessy, 5-Nurhidayat Haji Haris, 13-Rachmat Irianto, 29-Firza Andika (Belakang); 6-M. Iqbal, 7-Luthfi Kamal; 10-Egy Maulana Vikri, 14-Feby Eka Putra, 15-Saddil Ramdani (Tengah); 19 Hanis Saghara Putra (Depan)

Pelatih: Indra Sjafri

Live Streaming

Pencinta sepak bola Indonesia dan juga suporter Tim Merah-Putih bisa menyaksikan pertandingan Filipina vs Timnas Indonesia U-19, Kamis (7/9/2017), jam 18.30 WIB melalui layar kaca Indosiar atau fasilitas streaming di Bola.com atau melalui player di bawah ini:

 

Video Populer

Foto Populer