Sukses


Perjuangan Acok, Eks Striker Timnas U-19 yang Terlupakan di Arema

Bola.com, Malang - Arema FC dinilai mengalami krisis striker ketika Dedik Setiawan cedera dan Cristian Gonzales baru pulih dari sakit pencernaan. Tapi, jika diamati dari daftar pemain yang ada, sebenarnya masih ada satu penyerang murni yang dimiliki tim Singo Edan, yaitu Dalmiansyah Matutu. Namun pemain 20 tahun ini seakan terlupakan.

Saat Arema kekurangan striker jelang derby Jawa Timur melawan Madura United, Dalmiansyah juga tak banyak dilibatkan. Dalam latihan, posisinya juga sering diacak oleh pelatih Joko ’Getuk’ Susilo. Terkadang dia bermain di bek kiri, sayap kanan dan beberapa posisi lain.

Namun hal itu ternyata tidak menjatuhkan mental jebolan Timnas Indonesia U-19 tersebut. Justru sebaliknya, dia menganggap itu merupakan perjuangan untuk dapat kesempatan bermain. Apalagi saat ini regulasi wajib menurunkan tiga pemain U-22 sudah dihapuskan oleh operator kompetisi Liga 1.

“Saya ikuti saja instruksi pelatih. Mau main dimana saja tidak masalah asalkan tidak jadi kiper. Saya akan coba memaksimalkannya agar tidak membuat pelatih kecewa,” kata pemain kelahiran Lampung yang bergabung dengan Timnas U-19 pada 2013, namun ia dipulangkan saat TC akibat cedera.

Sejak regulasi pemain U-22 dihapus, Acok semakin jarang menghiasi line up pemain Arema. Padahal saat pra musim menjelang kompetisi Liga 1 diputar, dia disebut-sebut sebagai calon striker andal karena dia punya kepercayaan diri dan mental bagus.

Dalam sebuah uji coba melawan klub Liga 2, Perssu Sumenep, Acok mencetak sebuah gol indah dengan tendangan congkel. Padahal sebelumnya dia sempat gagal mengeksekusi tendangan penalti. Waktu itu dia mendapatkan pujian dari pelatih Aji Santoso dan striker senior Cristian Gonzales.

Namun kini situasinya berbeda. Dia tak kunjung dapat kepercayaan karena belum memiliki banyak jam terbang. Dalam Liga 1, Acok baru turun dalam satu pertandingan saat putaran pertama melawan Bhayangkara FC pada April. Waktu itu, dia hanya bermain 10 menit menjelang babak pertama selesai. Tentu bukan debut yang manis baginya.

“Main atau tidak, saya harus selalu ikuti instruksi pelatih. Apalagi saya pemain muda, harus bisa lebih menunjukkan semangat untuk bisa bersaing di tim tanpa adanya regulasi,” sambungnya.

Menjelang laga Arema kontra Madura United, Acok juga siap jika nantinya dapat kepercayaan untuk bermain. Apalagi Dedik kemungkinan besar absen karena cedera. Sedangkan Gonzales masih belum tentu jadi starter karena mengalami masalah pencernaan.

Video Populer

Foto Populer