Sukses

Eks Winger Timnas Indonesia Jadi Sarjana saat Berusia 33 Tahun

Bola.com, Malang - Meski sudah berusia 33 tahun, mantan penyerang sayap Timnas Indonesia, Arif Suyono ternyata tidak melupakan pendidikan formal. Kemarin (12/9/2017) pemain asal Kota Batu itu baru saja menjalani ujian skripsi di kampus IKIP Budi Utomo Malang.

Kini, selangkah lagi dia akan diwisuda dan mendapatkan gelar Sarjana (S1). Cukup menarik memang, meski sempat berpindah-pindah klub, ternyata dia masih punya semangat untuk menuntaskan kuliahnya.

”Saya mahasiswa angkatan 2009. Baru sekarang lulus. Nanti Desember wisuda,” katanya sambil tersenyum malu.

Pemain yang akrab disapa Keceng itu sempat vakum kuliah karena pindah ke Sriwijaya FC dan Mitra Kukar. Baru pada tahun 2014 dia kembali ke Malang untuk memperkuat Arema FC. Sejak itu dia memulai lagi perkuliahan untuk mendapatkan gelar S1.

Selama menempuh perkuliahan, tentu ujian skripsi kemarin jadi pengalaman yang paling menegangkan. Meskipun dia punya nama besar sebagai pesepakbola dengan 21 caps untuk timnas senior, Keceng terlihat gugup menghadapi dosen penguji.

”Ujiannya di ruangan ber-AC, tapi saya masih keringetan. Di hadapan penguji rasanya blank,” ceritanya.

Keceng menghadapi ujian skripsi itu selama 45 menit. Setelah presentasi, dia dicerca berbagai pertanyaan sesuai penelitian skripsinya. Ditambah lagi, Keceng memiliki persiapan cukup mepet menghadapi ujian.

Sehari sebelumnya, dia bersama Arema FC menjalani tur menegangkan ke Madura. Perjalanan pulang dari Pulau Garang juga harus memakan waktu tujuh jam didalam bus Polisi yang diisi penumpang melebihi batas.

“Jadi lengkap sudah ketegangannya,” candanya.

Saat ini, Keceng masih belum memiliki rencana kedepan bakal menggunakan ijazahnya untuk apa. Tapi kesempatan untuk jadi guru olahraga sangat terbuka karena dia akan mengantongi ijazah S1 Pendidikan Olahraga.

”Siapa tahu nantinya ijazah saya ini berguna karena jurusannya tidak berbeda jauh dengan profesi saya (di dunia olahraga),” jelas bapak dua anak ini.

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer