Sukses

Gol Cepat Vietnam Jadi Kunci Sukses Myanmar Lolos ke Semifinal

Bola.com, Yangon - Timnas Myanmar U-19 melangkah secara dramatis ke semifinal Piala  AFF U-18 2017. Dianggap dramatis karena mereka mampu menaklukkan Vietnam setelah lebih dulu tertinggal 0-1 di babak pertama.

Namun di babak kedua, tim tuan rumah mampu mencetak dua gol. Gol penentu tercipta hanya empat menit menjelang pertandingan di waktu normal usai. Skor 2-1 untuk keunggulan tuan rumah memaksa Vietnam mengakhiri ambisi meraih gelar juara pada turnamen ini.

Seusai pertandingan yang dihelat di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9/2017), pelatih Timnas Myanmar U-19, Rabah Benlarbi, mengungkapkan kegembiraan tim asuhannya bisa meraih tiket ke semifinal.

"Hari yang luat biasa, saya sangat senang," ujarnya.

Pelatih asal Prancis itu kemudian mengungkapkan apa yang menjadi kunci keberhasilan tim asuhannya membungkam Vietnam. Menariknya, gol cepat yang diciptakan Vietnam melalui Nguyen Hong Son pada menit kedua justru dianggap Rabah Benlarbi sebagai faktor penting Myanmar meraih kemenangan.

"Gol cepat lawan malah bagus karena setelah itu penjagaan mereka jadi lebih longgar. Permainan kami juga membaik menit demi menit," ujarnya.

"Mereka bermain dengan 4-3-3. Vietnam punya pemain cepat di sektor sayap, striker bagus, dan satu pemain kunci di tengah. Jadi saya minta pemain melakukan tekanan di sektor tengah, namun kami kesulitan melakukannya sehingga kami memutuskan melakukan serangan balik. Meski lawan sudah mencetak gol, sepak bola belum benar-benar usai sebelum pertandingan berakhir," tutur sang mentor.

Rabah Benlarbi menambahkan bila seusai turun minum, skuatnya nothing to lose dan hanya berupaya menekan dan terus menekan lawan karena ia menilai para pemainnya memiliki fisik lebih bagus ketimbang Vietnam.

"Selain itu kami melihat kiper lawan bermain tidak terlalu bagus. Jadi kami  terus menekan. Tim harus melakukan yang terbaik untuk menang, bukan tim terbaik yang akan menang," ucap pelatih berkepala plontos itu.

Dengan kemenangan 2-1 atas Vietnam, Myanmar menyodok di urutan kedua dan lolos ke semifinal sebagai runner-up meski memiliki jumlah poin (sembilan) dan selisih gol sama dari The Young Golden Stars (14).

Tim tuan rumah melaju ke fase empat besar setelah unggul dari sisi head to head. Di semifinal, Timnas Myanmar U-19 akan bersua Malaysia yang berstatus juara Grup A, pada Jumat (15/9/2017). Sementara Timnas Indonesia U-19 berjumpa Thailand.

(Laporan jurnalis Bola.com Aning Jati dan fotografer Liputan6.com Yoppy Renato dari Yangon, Myanmar)

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer