Sukses


Timnas U-19 Vs Myanmar Jadi Pemanasan Jelang Kualifikasi

Bola.com, Makassar - Timnas Indonesia U-19 gagal melangkah ke final Piala AFF U-18 edisi 2017 setelah kalah adu penalti 2-3 melawan Thailand pada Jumat (15/9/2017). Walau gagal berprestasi, penampilan Tim Garuda Nusantara sepanjang turnamen tetap banjir pujian dari pengamat sepak bola nasional.

Tim asuhan Indra Sjafri sendiri bakal menghadapi tuan rumah Myanmar pada perebutan posisi ketiga Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon, Minggu (17/9/2017).

Tony Ho, pelatih kawakan asal Makassar berharap para pemain Timnas Indonesia U-19 bisa tegar, agar bisa menutup turnamen dengan manis.

Menurut Tony, sejatinya kualitas permainan Timnas Indonesia U-19 jauh lebih baik dari Thailand. "Serangan Indonesia pun sangat variatif. Sayang, faktor keberuntungan tidak memihak Indonesia," kata Tony.

Pelatih yang sempat malang melintang di Persipura Jayapura, Arema, dan Persela Lamongan tersebut menyebut penampilan on-fire kiper Thailand, Kantaphal Manpati, membuat Tim Merah-Putih gagal menang di waktu normal.

"Pertandingan Indonesia Vs Thailand milik kiper lawan. Pengambilan posisi dan ketenangannya dalam menghalau peluang lawan sangat menguntungkan Thailand," papar Tony Ho.

Menurut Tony, Timnas Indonesia U-19 punya kans kembali meraih kemenangan atas Myanmar. Pada fase penyisihan Grup B, Egy Maulana dkk. sempat menang 2-1 atas Tim Negeri 1.000 Pagoda.

Duel melawan Myanmar bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia U-19 buat memanaskan mesin sebelum menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-19. "Timnas ada waktu untuk berbenah menghadapi Piala Asia. Coach Indra Sjafri saya yakin sudah tahu plus minus tim asuhannya," tutur Tony.

Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 akan berlangsung pada 31 Oktober-8 November 2017. Sebanyak 43 negara  Asia akan melakoni laga kualifikasi di mana mereka terbagi dalam 10  grup.

Timnas Indonesia U-19 Indonesia berada di Grup F bersama Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste dan Brunei. Kualifikasi Piala Asia Grup F tersebut akan dilangsungkan  di Korea Selatan.

Meskipun demikian, hasil kualifikasi ini tidak  memberikan dampak serius bagi Indonesia yang bertindak sebagai tuan  rumah putaran final Piala Asia U-19 yang digelar pada 18 Oktober-4 November 2018. Skuad Merah-Putih sudah mendapat jatah ke babak utama, sekalipun hasil kualifikasi tak mengkilap.

 

Video Populer

Foto Populer