Sukses


Pusingnya Panpel Mempersiapkan Duel Sriwijaya FC Kontra Persela

Bola.com, Palembang - Tugas berat menanti panitia pelaksana pertandingan Sriwijaya FC Vs Persela Lamongan di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang Selasa (26/9/2017).

Stadion Bumi Sriwijaya bukan venue berstandar internasional. Stadion yang terletak di jantung kota Palembang ini punya sederet kekurangan, mulai dari kapasitas penonton, fasilitas pendukung hingga ketiadaan area parkir yang luas.

Namun panpel SFC sendiri tetap optimis akan dapat menggelar laga pekan ke-26 Liga 1 2017 ini tanpa hambatan walau dihadapkan banyak keterbatasan.

Apalagi berdasarkan verifikasi yang dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) pekan lalu, stadion yang awalnya dibangun untuk persiapan Pekan Olahraga Mahasiwa (POMNAS) IX 1971 telah dinyatakan layak untuk menggelar pertandingan kompetisi tertinggi di tanah air ini.

Stadion Gelora Sriwijaya yang selama ini jadi kandang bagi Sriwijaya FC sedang dipugar buat keperluan Asian Games 2018.

Rapat koordinasi dengan instansi terkait terkait penyelenggaran pertandingan juga telah dilakukan secara intensif. Salah satunya dengan jajaran kepolisian yang akan bertanggung jawab penuh mengenai masalah keamanan sepanjang pertandingan nanti.

“Tidak hanya di dalam stadion, namun pengamanan juga akan dilakukan di luar stadion. Sudah disiapkan beberapa skenario pengamanan. Tak terkecuali pengaturan jalur keluar-masuk buat tim, panpel, serta para penonton,” jelas sekretaris tim Sriwijaya FC, Faisal Mursyid saat dikonfirmasi Senin (25/9/2017) siang.

Titik Rawan

Beberapa titik yang ditenggarai akan menjadi obyek rawan juga telah diantisipasi oleh pihak keamanan dan melibatkan para suporter Sriwijaya FC. Apalagi di sekitar stadion yang pernah menjadi venue Asian University Games 2014 dan Islamic Solidarity Games 2013 ini terdapat beberapa bangunan obyek vital seperti rumah sakit, perkantoran dan pusat perbelanjaaan.

“Jadi di titik-titik tersebut akan disiapkan pengamanan, selain itu di setiap tribun juga akan ada pembatas dan diisi oleh petugas kepolisian. Pintu stadion juga sudah direnovasi agar mobil pemadam kebakaran dan ambulan yang wajib disediakan di setiap pertandingan bisa masuk ke dalam. Mobil-mobil tersebut kami tempatkan di pinggir lapangan,” ungkap Faisal.

Faisal menyebut sebanyal 820 personil keamanan juga telah disiapkan untuk laga ini. Jumlah tersebut disebutnya berasal dari unsur kepolisian, TNI dan instansi terkait.

“Jadi tidak hanya terfokus di area pertandingan, petugas dari Polresta Palembang dan Polda Sumsel akan dibantu dari TNI, Pol PP dan pihak lain seperti Dishub,” katanya.

Kantong-kantong parkir juga sudah disediakan bagi para pengunjung yang akan menyaksikan laga ini, termasuk pembagian parkir khusus bagi 3 kelompok suporter Sriwijaya FC. “Untuk Sriwijaya Mania direncanakan di Lumban Tirta, Singa Mania di sekitar Arista sementara Ultras ditempatkan di area DPRD Sumsel. Itu rencana yang kita siapkan untuk kantong parkir para suporter nantinya,” beber Faisal Mursyid. 

Video Populer

Foto Populer