Sukses


PSSI Berharap 15 Klub-PT LIB Komunikasi untuk Selesaikan Masalah

Bola.com, Jakarta - Saat perhatian masyarakat pencinta sepak bola Indonesia tertuju kepada laga uji coba antara Timnas Indonesia dan Kamboja, muncul kabar 15 klub peserta Liga 1 2017 mengancam operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB), mogok dari kompetisi.

Wakil Ketua PSSI, Joko Driyono, meminta agar 15 klub dan PT LIB bisa menyelesaikan masalah dengan mendahulukan komunikasi yang baik.

Sebanyak 15 klub dari 18 klub Liga 1 2017 yang tergabung dalam Forum Klub Sepak Bola Profesional Indonesia mengadakan pertemuan di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (4/10/2017). Mereka mengajukan tuntutan kepada operator kompetisi, PT LIB, secara garis besar menyangkut aspek bisnis, legal, dan teknis.

Dalam pernyataan resminya, Forum Klub Sepak Bola Profesional Indonesia menilai belum ada niat baik, keseriusan, serta profesionalisme PT LIB dalam menjalankan roda kompetisi.

Beberapa yang menjadi pertanyaan mayoritas kontestan dan belum mendapatkan jawaban adalah transparansi sumber sponsor, transparansi hak siar, pelaksanaan pertandingan live, formulasi ranking, dan fee rating televisi.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, yang ditemui saat Timnas Indonesia beruji coba dengan Kamboja di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (4/10/2017) malam mengatakan belum mengetahui substansi permasalahan secara benar.

PSSI Yakin PT LIB Cermat

Joko Driyono meminta waktu agar bisa mengetahui permasalahannya. Namun, mantan CEO PT Liga Indonesi itu merasa semua bisa terselesaikan dengan baik jika manajemen klub dan PT LIB bisa duduk bersama dan berkomunikasi dengan baik.

"PSSI belum tahu substansinya. Ini bukan hanya urusasn sepak bola, tapi banyak hal. Intinya, komunikasi akan menjadi elemen penting dalam menyelesaikan semua permasalahan ini. Sejujurnya saya belum tahu substansinya apa. Namun, kami semua punya pengalaman mengenai dinamika organisasi, dinamika liga, dan ini seharusnya muncul karena ada niat baik untuk perbaikan," ujar Joko.

"Beri kami waktu untuk mengetahui dengan pasti apa permasalahannya. Namun, pada prinsipnya semua bisa diselesaikan melalui komunikasi yang baik dan kami tetap menganggap semua pihak memiliki niat yang baik. PSSI belum bisa terlalu jauh berkomentar, tapi kami meyakini semua berputar dalam urusan kompetisi profesional. PSSI ingin semua lebih baik ke depannya," lanjut Joko.

Ketika dikonfirmasi apakah PSSI berencana memanggil PT LIB, mantan Sekjen PSSI itu mengatakan tidak akan sampai sejauh itu mengingat masalah ini terjadi bukan di internal PT LIB.

"Klub punya asosiasi, punya komunitas, punya forum, dan saya yakin PT LIB akan dengan sangat cermat menyelesaikan semua permasalahan ini. Biarkan dulu mereka berkomunikasi," tuturnya.

Di sisi lain, pada Kamis (5/10/2017) ini, PT LIB mengundang kalangan jurnalis untuk menyampaikan sejumlah hal kepada publik. Ditengarai acara ini berkaitan dengan pernyataan dari Forum Klub Sepak Bola Profesional Indonesia kemarin.

Video Populer

Foto Populer