Sukses


Persipura Tak Mau ke Kompetisi Asia dengan Acuan ISL 2014

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura mengeluarkan sikap mereka terkait siapa yang akan mewakili Indonesia di kompetisi Asia seandainya Liga 1 2017 akhirnya berakhir sebelum waktunya. Persipura dengan tegas menolak menjadi wakil Indonesia di kompetisi Asia jika PSSI menggunakan acuan hasil dari Indonesia Super League (ISL) 2014, di mana Persipura menjadi runner-up.

Setelah Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, mengecam sikap 15 klub Liga 1 2017 yang mengancam mogok bermain, muncul rumor yang menyatakan Persib Bandung dan Persipura akan menjadi wakil Indonesia di kompetisi AFC jika memang kompetisi berhenti. Hal tersebut semakin aneh karena pemilihan Persib dan Persipura sebagai wakil Indonesia mengacu kepada ISL 2014.

"Menurut kami siapa yang berada di peringkat atas dalam klasemen terakhir 2017 adalah yang berhak untuk itu. Bila acuannya adalah klasemen hari ini, maka Bhayangkara FC, Bali United, Madura United, atau PSM Makassar. Namun, kalau dalam beberapa saat nanti ada perubahan dan kami berhasil masuk ke posisi yang berhak untuk jatah itu ya kami terima," bunyi rilis Persipura.

"Namun, jika urusan 2014 dibawa untuk jatah AFC tahun depan menurut kami itu tidak benar. Kami pasti menolaknya. Kami malu karena jatah itu bukan milik kami, masa kami ambil. Ini ranah federasi dan ada aturannya. Kami pastikan akan kami tolak jika acuannya 2014 karena jatah 2014 sudah selesai. Bila ada yang menganggap kami inginkan jatah itu, tidak benar. Kami pastikan kami ikuti aturan itu," lanjut rilis itu.

Persipura saat ini berada di posisi kelima dalam klasemen dengan jumlah poin yang terpaut sembilan poin dari Bhayangkara FC yang berada di puncak klasemen. Meski punya kans mewakili Indonesia dengan jatah 2014, Persipura yang menolak hal tersebut menyatakan bakal mendukung siapa pun yang pada akhirnya berada di posisi atas klasemen Liga 1 untuk bermain di kompetisi AFC.

"Siapa pun nanti yang akan mewakili Indonesia di AFC, Persipura akan mendukung secara moril. Kami juga senang dan bangga bila ada rekan klub lain yang bisa berprestasi dan bahkan menjadi juara di AFC. Bhayangkara FC, Bali United, Madura United, dan PSM Makassar adalah tim-tim yang bisa mengukir prestasi karena secara kualitas mereka memang bisa bersaing. Bila nanti Persipura masuk, kami pun pasti berjuang untuk bisa berprestasi," akhir dari pernyataan itu.

 

Video Populer

Foto Populer