Sukses


4 Klub Mendominasi Rating Televisi Liga 1

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, meminta klub tidak saling iri soal penayangan pertandingan di televisi. Poin tersebut menjadi salah satu pembahasan dalam pertemuan 15 klub Liga 1 dengan operator, Selasa (10/10/2017), di Hotel Sultan, Jakarta. 

Edy mengungkapkan ada empat klub yang menduduki peringkat teratas soal hak siar atau yang pertandingannya disiarkan secara langsung oleh TV One. Empat klub itu adalah Persib Bandung, Arema FC, Persija Jakarta, dan Bali United.

Dari data sebaran jadwal siaran langsung pertandingan, sebagai contoh, hingga pekan ke-28, ada 25 laga Persib yang disiarkan langsung. Sementara klub seperti Perseru Serui tidak mendapatkan jatah siaran langsung, terutama pada laga kandang.

"Soal rating televisi urusan pihak televisi, mereka juga punya hak untuk memilih mana partai yang disiarkan langsung dengan pertimbangan bisnis. Tentu pihak televisi butuh penonton banyak," kata Edy.

Dalam pembagian keuntungan Liga, klub memang mendapat bagian berdasarkan rating televisi. Hal itu yang membuat 15 klub meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengevaluasi soal pertimbangan itu dan pengaturan jadwal pertandingan.

Sementara itu, manajer Persib, Umuh Muchtar, menegaskan Persib bukan anak emas PSSI maupun PT LIB, terkait dengan pengaturan jadwal dan siaran langsung. 

"Persib anak emas? Kami sekarang peringkat ke-11, juga banyak pertandingan Persib digelar pada hari kerja," kata Umuh.

Pada pertemuan di Hotel Sultan, akhirnya 15 klub Liga 1 sepakat untuk melanjutkan kompetisi, setelah sebelumnya mengancam mogok.

Klub meminta kejelasan soal perhitungan pembagian keuntungan berdasarkan rating televisi, pengaturan jadwal, transparansi jumlah sponsor, hak gaji pemain yang dipanggil timnas, penugasan wasit asing, dan regulasi kompetisi.

"Semuanya sudah dibicarakan secara kekeluargaan. Ini hanya salah paham saja," kata manajer Bhayangkara FC, Sumardji.

 

Video Populer

Foto Populer