Sukses


Luis Milla Ungkap Cara Pembinaan Pemain Usia Muda di Spanyol

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, memberikan contoh soal pembinaan usia muda yang berjalan di Spanyol. Ia mengungkapkan setiap wilayah di Negeri Matador memiliki pelatih dengan label timnas.

Kondisi itu memudahkan dirinya untuk mendapatkan pemain terbaik untuk masuk skuat timnas. Luis Milla memang tak asing dengan sepak bola usia muda karena pernah menangani Timnas Spanyol mulai dari usia 19 tahun.

"Di sana, di setiap provinsi ada pelatih Timnas U-16 dan Timnas U-19 yang mencari pemain. Mereka itu perwakilan dari federasi maka saya percaya kepada mereka, " ujar Milla saat diskusi yang digelar PSSI Pers dengan tema 'Menuju Pentas Dunia' di SCTV Tower, Jakarta, Rabu (18/10/2017).

"Memasuki fase tertentu baru saya yang melakukan pemantauan pemain. Untuk Indonesia mungkin sulit ditiru (karena luas wilayahnya). Mungkin sulit ditiru tetapi Indonesia mau mencoba kenapa tidak, " ia menambahkan.

Soal pembinaan di Indonesia, Luis Milla merasa saat ini PSSI sudah bekerja dengan lebih baik. Indikasinya bisa dilihat dengan mulai rutinnya kursus kepelatihan yang digelar federasi.

Dengan gencarnya kursus pelatih semakin membuka peluang untuk melahirkan pemain bagus. Hal ini lantaran dengan pelatih yang bagus akan memunculkan pemain muda yang berkualitas.

"Sudah ada perbaikan kepelatihan usia muda. Kami sebagai pelatih tidak hanya ingin mendidik pemain yang baik tetapi juga pemain yang baik di lapangan," ucap Luis Milla.

Video Populer

Foto Populer