Sukses


Kalah dari Indonesia dan Vietnam, Pelatih Timnas Kamboja Mundur

Bola.com, Phnom Penh - Setelah rentetan kekalahan, pelatih Timnas Kamboja, Leonardo Vitorino, memutuskan mundur dari jabatannya. Keputusan itu disampaikan pelatih asal Brasil itu melalui media sosial personalnya.

"Saya tak lagi pelatih Timnas Kamboja. Terima kasih, suporter Kamboja, untuk waktu menyenangkan selama saya di sini," ujarnya seperti dikutip dari Khmer Times, Jumat (20/10/2017).

"Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih untuk semuanya yang sudah bekerja sama dengan saya di sini mulai staf, ofisial, pemain, manajer, dan para pelatih. Mohon maaf saya belum bisa mengubah keadaan. Saya mendoakan yang terbaik untuk Federasi Sepak Bola Kamboja dan terima kasih untuk kesempatannya memimpin timnas," lanjutnya.

Vitorino, yang menduduki jabatan pelatih kepala Timnas Kamboja pada Maret 2017 dari pelatih asal Korea Selatan, Lee Tae-hoon, tampak kesulitan dengan The Koupreys.

Dalam tujuh bulan kebersamaannya bersama Timnas Kamboja senior dan di timnas U-22, Leonardo Vitorino hanya mampu mempersembahkan satu kemenangan. Yakni ketika menang 1-0 atas Afganistan pada kualifikasi Piala Asia 2019 pada 13 Juni 2017 di Phnom Penh. Selebihnya, berakhir dengan kekalahan termasuk saat memimpin Timnas Kamboja U-22 di SEA Games 2017.

Ketika itu Vitorino masih berkukuh jika merombak Timnas Kamboja merupakan proyek jangka panjang dan bukan proses instan. Kekalahan demi kekalahan dinilainya bagian dari proses itu. Namun, Federasi Sepak Bola Kamboja tampaknya tak lagi setuju dengan pemahaman itu.

Kemudian, dua kekalahan terakhir seolah jadi pemicu terbesar keputusan mundur pelatih 43 tahun itu. Dua kekalahan itu, masing-masing 1-3 dari Indonesia (4/10/2017) pada laga persahabatan dan 0-5 dari Vietnam pada kualifikasi Piala Asia 2019 (10/10/2017).

Dengan pengunduran diri Leonardo Vitorino, Timnas Kamboja kini membutuhkan pengganti karena mereka akan bersua Myanmar pada laga persahabatan bulan depan dan laga terakhir di penyisihan grup kualifikasi Piala Asia 2019 melawan Yordania.

Untuk sementara, Federasi Sepak Bola Kamboja menunjuk Direktur Teknik Federasi Sepak Bola Kamboja, Kazunori Ohara, untuk mengisi peran yang ditinggalkan Leonardo Vitorino di Timnas Kamboja.

Video Populer

Foto Populer