Sukses

Liga 1 Tuntas, Zulkifli Syukur Berburu Lisensi AFC

Bola.com, Makassar - Bek senior PSM Makassar, Zulkifli Syukur tidak berlama-lama menikmati liburan bersama keluarga pasca Liga 1 usai. Mantan bek timnas senior akan menimba ilmu kepelatihan lisensi C AFC di Sawangan Depok, 18-30 November 2017.

"Insya Allah, saya akan mengikuti kursus pelatih C-AFC bersama Hamka Hamzah. Kami berangkat ke Jakarta pada Sabtu (18/11/2017) nanti," ujar Zulkifli kepada Bola.com, Selasa (14/11/2017) malam.

Keikutsertaan Zulkifli dan Hamka pada kursus kepelatihan C-AFC merupakan bagian dari rencana jangka panjang dari manajemen PSM buat para pemain senior Juku Eja.

"Mumpung kompetisi lagi libur, kami akan memanfaatkannya untuk mendapatkan ilmu kepelatihan," jelas Zulkifli.

Sebelumnya, CEO PSM, Munafri Arifuddin mengungkapkan manejemen akan mengarahkan pemain senior Juku Eja menjadi pelatih. Selain Zulkifli dan Hamka, masih ada Syamsul Chaeruddin dan Ardan Aras.

"Saat ini saya fokus dulu untuk belajar. Karena ini pengalaman baru. Saya tentu harus adaptasi lagi," tutur Zulkifli.

Mantan bek Persib Bandung dan Arema Indonesia mengaku termotivasi sekaligus tertantang mengikuti kursus yang juga dikuti sejumlah pemain yang masih bermain di Liga 1 2017 seperti Maman Abdurrahman (Persija Jakarta), Arif Suyono (Arema FC), dan Ambrizal (Barito Putera).

Ada juga Syamsuddin Umar, mantan pelatih PSM dan asisten pelatih timnas senior di Piala Asia 2007 dan Hermansyah (pelatih kiper Madura United).

"Saya juga bisa mendapatkan ilmu dari pelatih senior yang sudah berpengalaman melatih klub-klub di Liga Indonesia," kata Zulkifli Syukur.

Mantan pelatih Barito Putera, Mundari Karya bakal jadi instruktur pada kursus nanti. Mundari akan didampangi Bambang Nurdiansyah yang bertindak sebagai asisten. Sementara Emral Abus (pelatih Persib Bandung) sebagai mentor.

1 Komentar

  • Ayu Yuntri Arty

    Memang sudah menjadi keharusan yg tepat pemain2 senior atau ex pemain senior timnas atau ex lokal lebih berpartisipasi mengikuti kursus pelatihan sepak bola berlisenci agar bisa utk turut mebina talenta2 muda yg bertebaran dibumi Nusantara kita. semoga sukses.

Video Populer

Foto Populer