VIDEO: Tugas Baru Indra Sjafri Setelah Tak Lagi Latih Timnas Indonesia U-19

VIDEO: Tugas Baru Indra Sjafri Setelah Tak Lagi Latih Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - Indra Sjafri resmi dibebastugaskan dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19, Selasa (21/11/2017). Meski demikian, eks pelatih Bali United tetap bekerja di PSSI dengan peran barunya di sektor pengembangan sepak bola Indonesia yang akan membuatnya kembali blusukan mencapi pemain timnas di masa depan.

Kontrak Indra Sjafri sejatinya baru akan berakhir pada 31 Desember 2017. Namun, PSSI bersikeras tak akan memperpanjang kontrak Indra Sjafri sebagai pelatih tim nasional U-19. Arsitek kelahiran 2 Februari 1963 itu akan mendapatkan kontrak baru di Program Football Development PSSI.

Nantinya, Indra akan bertugas di bawah komando Direktur Teknik PSSI, Danurwindo. Pria berusia 54 tahun itu akan memiliki tugas mencari, menemukan, dan memilih pemain-pemain yang akan menjadi tumpuan tim nasional Indonesia di masa depan.

Tugas tersebut akan memungkinkan Indra Sjafri blusukan berkeliling Indonesia demi mencari pemain yang tepat, seperti yang pernah dilakukannya ketika menukangi timnas U-19.

"Nanti ada tugas baru yang nantinya akan dijabarkan oleh federasi. Bagaimana bentuknya? Yang jelas tersirat keinginan kami akan membangun lagi satu tim dengan angkatan yang berbeda dari timnas yang ada," kata Indra Sjafri ketika ditemui di kantor PSSI, Selasa (21/11/2017).

Indra Sjafri menambahkan, tawaran untuk menjadi bagian dari tim pengembangan sepak bola Indonesia baru diterimanya pada Senin (20/11/2017). Keinginan untuk terus mencari dan mengembangkan bibit-bibit muda sepak bola Indonesia menjadi alasan Indra Sjafri mau menerima peran baru tersebut.

"Tawarannya baru kemarin saat PSSI melakukan evaluasi, dan evaluasinya itu tidak hanya membahas soal timnas U-19 melainkan juga soal sepak bola Indonesia ke depan. Saya concern dengan perkembangan pemain sepak bola usia muda, makanya saya ingin menjadi bagian proyeksi tersebut," ucap pria asal Sumatra Barat itu.

Bersama Indra Sjafri, Timnas Indonesia U-19 telah tampil dalam tiga turnamen sepanjang tahun 2017. Egy Mauala Vikri dan kawan-kawan tampil di Turnamen Toulon, Piala AFF U-18 2017, dan Kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Timnas Indonesia U-19 tercatat memainkan 13 pertandingan bersama Indra Sjafri. Hasilnya, Tim Garuda Nusantara meraih lima kemenangan, tujuh kali kalah, dan sekali imbang.

Ringkasan

Oleh Wijayanto pada 23 November 2017, 09:00 WIB

Tag Terkait


Video Terkait

Spotlights