Sukses


Gonzales Yakin Bisa Bagi Fokus di Klub dan Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Malang - Sejak dikabarkan jadi pelatih Timnas Indonesia U-19 bersama Bima Sakti, striker naturalisasi Arema FC asal Uruguay, Cristian Gonzales diprediksi bakal pensiun sebagai pemain. Kenyatannya, El Loco masih ingin bermain karena kondisi fisiknya masih mendukung untuk bermain di kompetisi kasta tertinggi musim depan.

"Saya selalu siap jika diminta negara untuk melatih. Meskipun ini tantangan baru menjadi pelatih, tapi saya punya pengalaman sebagai pemain. Satu permintaan saya, musim depan saya juga masih ingin tetap bermain sembari mengambil lisensi kepelatihan. Saya masih bisa fokus untuk menjalani semua itu," kata Gonzales.

Gonzales saat ini masih menunggu keputusan dari Arema karena kontraknya dengan tim berjuluk Singo Edan baru akan berakhir pada Februari 2018. Dengan adanya kabar bahwa Gonzales masuk tim kepelatihan Timnas Indonesia U-19, manajemen Arema belum mengeluarkan keputusan apakah melanjutkan kontrak untuk musim depan atau tidak. "Saya masih tunggu Arema. Kalau tidak diperpanjang, tentu harus cari klub lain," katanya.

Terkait posisi sebagai pelatih sementara Timnas Indonesia U-19 bersama Bima Sakti, Gonzales masih menunggu kabar dari PSSI. Sejauh ini, ia belum menerima surat penunjukkan resmi dari PSSI dan baru sebatas mengetahui informasi tersebut melalui media massa.

"Sebenarnya saya belum bisa banyak bicara karena surat belum keluar, namun saya perkirakan nanti akan jadi asisten pelatih di Timnas U-19. Dalam pikiran saya sekarang sudah ada beberapa rencana. Penting motivasi kepada pemain muda dan mengajarkan kedisiplinan," ucapnya.

Kedisiplinan bagi Gonzales sangat penting karena hal itu yang membuatnya bisa bertahan sebagai pesepak bola meski sudah memasuki usia kepala empat. "Kedisiplinan tidak hanya di dalam lapangan, tapi juga di luar lapangan. Seperti waktu istirahat, pola makan, dan sebagainya. Saya dapat kedisiplinan seperti ini dari Uruguay. Ini harus ditanamkan kepada pemain muda di Indonesia," kata mantan striker PSM Makassar tersebut.

Sebenarnya apa dialami Gonzales saat ini pernah dialami Bima Sakti dan Ponaryo Astaman di Persiba Balikpapan dan Borneo FC. Namun, pengalaman kedua mantan pemain timnas itu sedikit berbeda karena Bima dan Ponaryo menjadi asisten pelatih sekaligus pemain di klub, sementara Gonzales harus melatih di Timnas Indonesia U-19 dan bermain di klub.

Video Populer

Foto Populer